Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 untuk Pembelajaran Tematik Kelas IV SD

Adefia, Anisya (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 untuk Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_ANISYA_ADEFIA_18004057_4175_2022.pdf.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Adobe Flash CS6 yang efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran tematik yaitu tema 9 kayanya negeriku dan subtema 1 kekayaan sumber energi di Indonesia kelas IV SD dan juga meningkatkan hasil belajar siswa, mengetahui kelayakan multimedia interaktif dan juga mengetahui praktikalitas terhadap produk yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (RnD). Prosedur penelitian yang digunakan dalam pengembangan ini menggunakan langkah atau tahapan 4D (Four D) yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Hasil validasi media diperoleh rata-rata sebesar 94,23% dengan kategori “Sangat Layak” dan validasi materi diperoleh rata-rata sebesar 96% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil uji coba produk dengan jumlah responden 23 peserta didik memperoleh respon sebesar 90,40% dengan kategori “Sangat Layak”. Sehingga Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 pada tema 9 kayanya negeriku subtema 1 kekayaan sumber energi di Indonesia kelas IV SD layak dan dapat dipergunakan sebagai salah satu media belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
CorrectorAzman, AzmanUNSPECIFIED
CorrectorNovrianti, NovriantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:23
Last Modified: 13 Jul 2023 08:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44887

Actions (login required)

View Item View Item