Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 untuk Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP

Putri, Andra Alwanda (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 untuk Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_ANDRA_ALWANDA_PUTRI _18004063_7669_2022.pdf.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pengembangan multimedia interatif berbasis Adobe Flash CS6 merupakan salah satu upaya dalam memecahkan masalah belajar siswa, dimana kurangnya minat belajar siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini juga disebabkan oleh terbatasnya media pembelajaran yang ada. Penelitian pengembangan multimedia interatif ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPS sebagai alat atau media yang sesuai dengan kriteria kelayakan media dan materi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian yang digunakan dalam pengembangan ini menggunakan tahapan 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (Defind), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Development), dan tahap penyebaran (Disseminate). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi dan angket respon siswa. Uji validitas produk dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri dari dua orang ahli media dan satu orang ahli materi. Subjek uji praktikalitas diambil sebanyak 25 siswa/i kelas VIII SMPN 3X11 Kayu tanam tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan oleh validator media dan validator materi, diperoleh hasil rata-rata dari dua orang ahli media dengan jumlah penilaian validator I diperoleh rata-rata sebesar 97,69%. dan hasil dari validator II diperoleh rata-rata sebesar 99,23%. Sehingga hasil keseluruhan diperoleh rata-rata 98,46% dengan kategori “Sangat Valid”. Sedangkan hasil dari validasi ahli materi juga dikategorikan “Sangat Valid” untuk digunakan dengan nilai 93,33%. Selanjutnya, hasil uji praktikalitas produk multimedia interaktif berada pada kategori “Sangat Praktis” digunakan dengan rata-rata keseluruhan 90,47% Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa produk Multimedia Interaktif pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP yang dikembangkan valid digunakan sebagai salah satu media belajar serta dapat membantu proses pembelajaran lebih menarik dan dapat meingkatkan antusias siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuwirna, ZuwirnaUNSPECIFIED
CorrectorHendri, HendriUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, UlfiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:07
Last Modified: 17 Jul 2023 00:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44878

Actions (login required)

View Item View Item