Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Peserta didik Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Di Kelas IV SD Negeri 02 Muaro Paiti Kabupaten 50 Kota

Risma, Alda (2022) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Peserta didik Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Di Kelas IV SD Negeri 02 Muaro Paiti Kabupaten 50 Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_ALDA_RISMA_18129221_5765_2022.pdf.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh dalam proses pembelajaran masih 1 arah yaitu hanya guru yang mendominasi pembelajaran sehingga pembelajaran berpusat pada guru, guru belum maksimal mengawasi aktifitas berkelompok pada peserta didik. selain itu guru belum dapat meningkatkan daya nalar dan analisis peserta didik terhadap suatu permasalahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di kelas IV SDN 02 Muaro Paiti Kabupaten 50 Kota yang meliputi; a) Perencanaan; b) Pelaksanaan; c) Hasil belajar. Penelitian ini di laksanakan di SDN 02 Muaro Paiti Kabupaten 50 Kota Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas Kelas IV SDN 02 Muaro Paiti Kabupaten 50 Kota dengan jumlah 16 orang peserta didik. Untuk mengetahui keberhasilan rencana pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar di ukur dengan lembar pengamatan RPP, lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran aspek guru dan peserta didik, serta hasil tes berupa soal-soal evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan rata-rata 86,37% (baik) dan siklus II 95,45% (sangat baik), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 82,82% (baik) dan siklus II 93,75% (sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 82,82% (baik), dan siklus II 93,75% (sangat baik), c) Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 74,14 dan siklus II dengan rata-rata 83. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:06
Last Modified: 13 Jul 2023 08:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44874

Actions (login required)

View Item View Item