Efektivitas Pelaksanaan Evaluasi Berbantuan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Tematik Kelas V di SD Negeri 28 Rawang Timur

Aklades, Agung (2022) Efektivitas Pelaksanaan Evaluasi Berbantuan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Tematik Kelas V di SD Negeri 28 Rawang Timur. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_AGUNG_AKLADES_17004073_4654_2022.pdf.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan peneliti terhadap pembelajaran tematik di SDN 28 Rawang Timur, terlihat bahwa proses pembelajaran awalnya melaksanakan tatap muka secara terbatas kemudian dengan adannya peraturan pemerintah, pembelajaran dialihkan dengan belajar dari rumah atau daring. Dengan adannya pelaksanaan pembelajaran daring ini peserta didik mengalami sedikit kesulitan dalam memahami materi pembelajaran dikarenakan materi yang disampaikan tidak dijelaskan secara langsung seperti biasanya. Sebelum pembelajaran daring ini dilaksanakan pembelajaran masih berpusat pada guru dengan menggunakan model pembelajaran konvesional. PenggunaanAlat evaluasi yang sering digunakan di SDN 28 Rawang Timur saat ini masih bersifat konvensional yaitu dengan menggunakan kertas. Peserta didik diberi lembar soal dan lembar jawaban kemudian mengerjakan soal tersebut di lembar jawaban yang sudah disediakan. Kemudian lembar jawaban dikumpulkan kepada guru mata pelajaran yang bersangkutan setelah evaluasi selesai. Untuk mengatasi hal tersebut maka peneliti akan melaksanakan eksperimen terhadap pelaksanaan evaluasi berbantuan aplikasi Quizizz pada pembelajaran tematik kelas V di SDN 28 Rawang Timur. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan pra eksperimen dengan desain Pretest Posttest untuk melihat perbandingan hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V.B dengan jumlah siswa 27 orang dan sample dengan jumlah 13 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan alat pengumpulan data digunakan lembaran jawaban. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t (Paired Sample T-Test) yang sebelumnya dilakukan uji normalitas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SDN 28 Rawang Timur diperoleh nilai rata rata Posttest yang telah melaksanakan evaluasi berbantuan aplikasi Quizizz lebih tinggi yaitu hasil rata rata Posttest sebesar 82,77 dari pada nilai rata rata Prestestsebesar68,00. Untuk uji t (Paired Sample T-Test) dengan α < 0,05 didapat sebesar 0,000 yang artinya 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan evaluasi berbantuan aplikasi Quizizzefektif pada pembelajaran tematik kelas V di SDN 28 Rawang Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, UlfiaUNSPECIFIED
CorrectorNovrianti, NovriantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:05
Last Modified: 17 Jul 2023 00:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44870

Actions (login required)

View Item View Item