Pelatihan Keterampilan Anyaman Tali Strapping Bagi Ibu Rumah Tangga dalam Memanfaatkan Waktu Luang di Kampung Tualang Kabupaten Siak

Aldestu, Agnesiyah Sumbari (2022) Pelatihan Keterampilan Anyaman Tali Strapping Bagi Ibu Rumah Tangga dalam Memanfaatkan Waktu Luang di Kampung Tualang Kabupaten Siak. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_AGNESIYAH_SUMBARI_ALDESTU_18005089_7190_2022.pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ibu rumah tangga yang memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan mengolah limbah padat menjadi barang serbaguna. Tujuannya untukmeningkatkan keterampilan ibu rumah tangga melalui kegiatan pelatihan sehingga bisa meningkatkan pengetahuan, menambah penghasilan keluarga serta mensejahterakan masyarakat Kampung Tualang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menggambarkan pelatihan keterampilan anyaman tali strapping yang dilihat dari proses, manfaat, serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam melakukan pelatihan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode penelitiannya yaitu studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini yaitu ibu rumah tanggadi Kampung Tualang yang menjadi anggota IKM Tunas Harapan sebagai subyek penelitian dan ketua IKM Tunas Harapan sebagai infroman penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Teknik keabsahan data yaitu dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelatihan keterampilan yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pendampingan, evaluasi, serta tindak lanjut. Manfaat pelatihan dari segi pengetahuan, kemandirian dan kerja sama. Faktor pendukung yaitu respon positif dari anggota, giatnya ketua, ketersediaan bahan dan adanya dukungan dari keluarga serta sesama anggota yang saling tolong menolong. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu bahan yang didapatkan kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJamaris, JamarisUNSPECIFIED
CorrectorIsmaniar, IsmaniarUNSPECIFIED
CorrectorSunarti, VeviUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:42
Last Modified: 13 Jul 2023 07:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44868

Actions (login required)

View Item View Item