Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik padaPembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning TipeThink Pair Share(TPS) di Kelas IV SDN 147 Roburan Kabupaten Mandailing Natal

Nasution, Adelina (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik padaPembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning TipeThink Pair Share(TPS) di Kelas IV SDN 147 Roburan Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_ADELINA_NASUTION_18129001_5856_2022.pdf.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan kegiatan pembelajaran terpusat pada guru, dimana guru terlihat kurang melibatkan peserta didik dalam pembelajaran terlihat guru lebih banyak ceramah sehingga siswa kurang terlihat aktif,dan masih adanya peserta didik yang ragu-ragu dalam mengemukan pendapatnya dan tidak berani menjawab pertanyaan dari guru,dan masih belum terlihat guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi atau kerja kelompok sehingga tidak terlihat kerja sama antara siswa yang satu dan siswa lainnya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan Model Cooperative LearningTipeThink Pair Share (TPS)di Kelas IV SDN 147 Roburan Kabupaten Mandailing Natal yang meliputi; a) Perencanaan; b) Pelaksanaan; c) Hasil belajar. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari I pertemuan. Disetiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas IV SDN 147 Roburan Kabupaten Mandailing Natal dengan jumlah 16 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan rata-rata 80,55% (B) dan siklus II 88,88% (B), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 82,5% (B) dan siklus II 95 % (A), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 77,5% (C), dan siklus II 90 % (A), Penilaian terhadap peserta didikdalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata77,4 (C) dan siklus II dengan rata-rata 89,9 (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative LearningTipeThink Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFarida, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorMuhammdi, MuhammdiUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:40
Last Modified: 13 Jul 2023 07:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44867

Actions (login required)

View Item View Item