Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) di Kelas IV SD Negeri 01 Bandar Buat

Febriyan, Adela (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) di Kelas IV SD Negeri 01 Bandar Buat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_ADELA_FEBRIYAN_18129095_3440_2022.pdf.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah, terlihat pada proses pelaksanaan guru lebih dominan memberikan informasi materi pelajaran sehingga peserta didik kurang aktif dan hanya mendengarkan apa yang disampaikan guru, guru belum mengembangkan model pembelajaran bervariasi yang mengakibatkan peserta didik kurang berminat mengindentifikasi masalah dan kurangnya keberanian peserta didik untuk mengemukakan pendapat, sehingga hasil belajar peserta didik rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe two stay two stray di kelas IV SD Negeri 01 Bandar Buat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2x pertemuan dan siklus II terdiri dari 1x pertemuan. Data dari penelitian diperoleh dari penelitian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Proses Pelaksanaan, dan Hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SD Negeri 01 Bandar Buat yang berjumlah 24 orang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP pada siklus I memperoleh rata-rata 81,94% dengan kualifikasi cukup(C), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 94,44% dengan kualifikasi sangat baik SB), b) aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 83,75% dengan kualifikasi cukup(C), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 95% dengan kualifikasi sangat baik(SB), c) aktivitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 83,75% dengan kualifikasi cukup(C), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 95% dengan kualifikasi sangat baik(SB), dan d) hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 77,16 dengan predikat cukup(C), meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 87,09 dengan predikat baik(B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 01 Bandar Buat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorIndrawati, TinUNSPECIFIED
CorrectorS, FaridaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:40
Last Modified: 13 Jul 2023 07:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44866

Actions (login required)

View Item View Item