Warohmah, Annisa
(2022)
Pelaksanaan Bimbingan Orang Tua dalam Melatih Anak Down Syndrome yang Berprestasi Bermain Drum.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari seorang anak down syndrome yang berprestasi dalam bermain drum tingkat nasional. Anak down syndrome ini dapat mematahkan argument bahwa anak berkebutuhan khusus menjadi beban bagi orang tuanya. Setiap pencapain dan prestasi yang diraih oleh anak down syndrome merupakan hasil bimbingan yang dilakukan oleh orang tua. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan guna mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan orang tua dalam melatih anak down syndrome yang berprestasi dalam bermain drum, dengan memfokuskan kepada (1) cara anak down syndrome belajar bermain drum,
(2) cara bimbingan latihan yang diberikan orangtua untuk mengembangkan kemampuan anak down syndrome dalam bermain drum, (3) cara orang tua mengidentifikasi kendala dalam melatih anak down syndrome dalam bermain drum, (4) cara orang tua mengatasi kendala yang dihadapi saat melatih anak down syndrome dalam bermain drum.
Jenis penelitian yang dilaksanakan ialah kualitatif dengan metode deksriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah orang tua anak down syndrome, menggunakan metode pengumpalan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Menggunakan teknik analisa data dari penelitian kualitatif model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan orangtua dalam melatih anak down syndrome berlatih bermain drum dimulai dengan cara memperkenalkan dari kecil kepada anak alat musik, kemudian setelah mengetahui minat anak dan bakat anak orang tua mulai mengembangkannya dengan latihan keseharian dan kerjasama dengan ahli professional. Orang tua juga memperhatikan anak dengan cara mengidentifikasi kendala anak dan mengatasi kendala yang dihadapi oleh anak dalam latihan bermain drum.
Actions (login required)
|
View Item |