Strategi Pengembangan Layanan Anak dalam Meningkatkan Minat Baca Anak di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat di Masa Pandemi Covid-19

Hafifah, Siti (2022) Strategi Pengembangan Layanan Anak dalam Meningkatkan Minat Baca Anak di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_08_SITI_HAFIFAH_18234034_6710_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang dilakukan pada layanan anak untuk meningkatkan minat baca anak di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat di masa pandemi covid-19. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tedapat 2 informan dalam penelitian ini yaitu informan utama dan informan sekunder. Informan utama dalam penelitian ini berjumlah 12 orang dengan rincian, satu pustakawan anak, kepala seksi pembinaan dan pengembangan perpustakaan, kasi layanan perpustakaan, tiga orang tua anak, dan enam orang anak perwakilan TK,SD dan SMP. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengabsahan yang meliputi perpanjang keikut sertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) akibat adanya pandemi covid-19 membuat minat baca anak turun pada Layanan Anak di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, hal ini dilihat berdasarkan indicator minat baca anak yaitu; tingkat keseringan membaca, tingkat kesenangan membaca, dorongan membaca, kesadaran membaca dan kuantitas sumber bacaan. (2) perlu adanya strategi dalam mengembangkan layanan anak dalam meningkatkan minat baca anak yaitu dengan pengembangan sdm atau pengelola perpustakaan, pengembangan fasilitas, pengembangan koleksi, dan layanan kids corner. (3) pada masa kenormalan baru, minat baca anak meningkat hal ini dilihat berdasarkan indicator minat baca dan buku pengunjung yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrimadesi, YonaUNSPECIFIED
CorrectorErlianti, GustinaUNSPECIFIED
CorrectorAdek, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LAYANAN ANAK, MINAT BACA, PANDEMI COVID-19
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:42
Last Modified: 13 Jul 2023 07:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44862

Actions (login required)

View Item View Item