Rachmanika, Anisya
(2022)
Efektifitas Menggosok Gigi Melalui Media Video pembelajaran Micacu Untuk Anak Cerebral Palsy.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Menggosok gigi merupakan kegiatan untuk membersihkan sisa makanan yang menempel, bakteri dan plak yang berada digigi. Membersihkan gigi juga harus menggunakan alat yang cocok untuk membersihkan gigi serta tata cara yang tepat untuk membersihkan gigi dari sisa makan dan juga harus diperhatikan dalam pelaksaan waktu yang tepat untuk menggosok gigi yang baik untuk kesehatan. Penelitian ini membahas tentang efektifitas menggosok gigi melalui media video pembelajaran micacu untuk meningkatkan keterampilan menggosok gigi anak cerebral palsy di SLB Bina Bangsa padang. Subjek penelitian ini adalah anak cerebral palsy di kelas VIII SLB Bina Bangsa padang.
Penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research dan jenis penelitian eksperimen dengan desain A-B-A. Desain A-B-A terdapat 3 kondisi yaitu baseline (A), intervensi (B), dan baseline (A2). Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan ionstrumen keterampilan menggosok gigi.
Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis visual menggunakan grafik. Berdasarkan bahwa keterampilan menggosok gigi anak cerebral palsy meningkat setelah diberikan intervensi menggunakan media video pembelajaran micacu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran micacu dapat meningkatkan keterampilan menggosok gigi anak cerebral palsy.
Kata kunci : Mengosok Gigi, Video pembelajaran micacu. Cerebral Palsy.
Actions (login required)
|
View Item |