Nadia, Nadia
(2023)
Efektivitas Alat Trigonal Pencil untuk Meningkatkan Keterampilan
Pramenulis bagi Anak Gangguan Spektrum Autisme.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Keterampilan pramenulis merupakan salah satu hal yang penting dalam
memperoleh informasi di bidang akademik. Kegiatan menulis merupakan
kegiatan yang melibatkan motorik halus anak yaitu kekuatan jari-jari anak. Siswa
yang mengalami kesulitan belajar menulis harus memperoleh perhatian yang
cukup, karena banyak siswa yang belum dapat mencapai tujuan yang diharapkan
salah satunya anak dengan gangguan spektrum autsime yang memiliki
kemampuan pramenulis yang rendah terutama dalam aspek menghubungkan garis
putus-putus. Peneliti memilki ketertarikan dalam mengangkat permasalahan ini
dikarenakan memilki tujuan untuk membantu anak dalam meningkatkan
keterampilan pramenulis serta untuk membuktikan efektif atau tidaknya alat
trigonal pencil untuk meningkatkan keterampilan pramenulis pada subjek
penelitian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen yang
berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. teknik analisis
data pada penelitian ini berupa analisis visual grafik. semua data yang diperoleh
pada dua kondisi yaitu baseline (A1), Intervensi (B), dan baseline (A2) akan di
gambarkan dalam grafik- grafik yang dapat menjelaskan bagaimana perolehan
data yang dilakukan selama penelitian berlangsung.
Actions (login required)
|
View Item |