Nurmalinda, Nurmalinda
(2023)
Pengembangan Media Pembelajaran pada Mata
Pelajaran Matematika Kelas V SD.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan di sekolah,
beberapa fakta dan temuan di lapangan berdasarkan observasi dan pengalaman
peneliti di SD Negri 29 V Koto Kampung Dalam, antara lain: Kegiatan
pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran secara optimal dan media
yang digunakan belum inovatif. Media pembelajaran berbasis teknologi masih
terbatas penggunaannya dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran hanya
berpusat pada guru sebagai fasilitator. Banyak faktor yang menjadi kendala guru
terkait pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran Matematika kelas
V SD. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran
pada mata pelajaran Matematika kelas V SD yang valid dan praktis.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan
istilah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan 4D.
Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu: Define, Design, Develop, Disseminate. Uji validitas produk dilakukan oleh 4
validator yaitu 2 orang validator ahli materi di SDN 29 V Koto Kampung Dalam
dan 2 orang validator ahli media dosen departemen KTP FIP UNP. Uji coba
produk dilakukan kepada 20 orang siswa kelas V di SDN 29 V Koto Kampung
Dalam dengan tujuan untuk mengetahui kepraktisan produk yang dikembangkan.
Teknik anlisis data yang diperoleh setelah melalui uji coba terbagi ke dalam dua
jenis yaitu data kualitatif dan kuantitatif.
Pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi Canva pada
mata pelajaran Matematika untuk kelas V SD telah dilakukan sesuai dengan
prosedur pengembangan yang menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk
multimedia pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran yang hasil
penilaiannya dari 2 validator materi dan media, masing-masing sudah
dikategorikan “sangat valid”, yang mana mendapatkan nilai 4,8 untuk materi, dan
4,81 untuk media. Hasil analisis uji coba kepraktisan memperoleh nilai rata-rata
4,87 sehingga produk media pembelajaran berada pada kategori “Sangat Praktis”.
Berdasarkan hasil uji validitas, dan praktikalitas, dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran yang di hasilkan ini layak sehingga dapat digunakan pada mata
pelajaran Matematika kelas V SD.
Actions (login required)
|
View Item |