Pengembangan Instrumen Tes untuk Menguji Pemahaman Siswa pada Materi Titrasi Asam Basa Berdasarkan Level Makroskopik, SubMikroskopik dan Simbolik Menggunakan Model Rasch

Putri, Febi Edinda (2023) Pengembangan Instrumen Tes untuk Menguji Pemahaman Siswa pada Materi Titrasi Asam Basa Berdasarkan Level Makroskopik, SubMikroskopik dan Simbolik Menggunakan Model Rasch. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_08_FEBI_EDINDA_PUTRI_18035004_1305_2023.pdf

Download (761kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menghasilkan instrumen tes yang dapat menguji pemahaman makroskopik, sub-mikroskopik dan simbolik siswa dalam materi titrasi asam-basa yang telah teruji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya beda soalnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Rasch. Subjek dari penelitian ini adalah empat orang dosen ahli, dua orang guru kimia dari SMA N 2 Padang dan SMA S Adabiah 2 Padang dan 35 siswa SMA N 2 Padang. Objek dari penelitian ini adalah kualitas instrumen tes yang dikembangkan yang memenuhi kriteria validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya beda yang terdiri dari tiga butir soal. Tiap-tiap soal memiliki tiga butir pertanyaan yang saling berkaitan. Pengolahan data menggunakan analisis dari model Rasch dengan program Ministep. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Rasch yang telah dikembangkan oleh Wei, dkk.. Penelitian ini memlikii 10 tahapan yaitu: (1) Identifikasi konstruk, (2) Identifikasi IPK, level kognitif dan jenis representasi, (3) Merancang butir soal, (4) Mengujikan produk kepada subjek yang telah ditentukan, (5) Menganalisis hasil data dengan model Rasch (Pakar ahli dengan MiniFac. Siswa dengan Outpu Table: Item Fit Order, Item Measure, Summary Statistics), (6) Revisi butir soal bila dibutuhkan, (7) Tinjau peta wright, (8) Ulangi langkah 4-7sampai hasil yang diinginkan model Rasch, (9) Klaim produk apakah sudah valid, reliabel, memiliki indeks kesukaran dan daya beda, (10) Dokumentasikan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian validasi oleh pakar ahli menggunakan program MiniFac pada butir soal ialah nilai exact agreements (Hasil persetujuan penguji) dan expected agreements (Hasil perkiraan persetujuan) sangat mendekati, yaitu 95,8% dan 95,4%, dan untuk rubrik penilaian mendapatkan nilai exact agreements dan expected agreements pun juga sangat mendekati, yaitu 80,1% dan 80,4%. ini menandakan bahwa analisis ini fit dengan model dan estimasinya. Begitupun pengujian terhadap siswa menggunakan program Ministep. Setiap butir soal dapat dikatakan valid karena memenuhi kriteria dari MNSQ, ZSTD dan PtMean Corr. Instrumen juga diklaim reliabel karena memiliki nilai 0,92. Indeks kesukaran dan daya beda pada butir soal juga bervariasi dari yang termudah hingga yang tersulit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAini, Faizah QurrataUNSPECIFIED
CorrectorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
CorrectorParbuntar, HestyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Instrumen tes, pemahaman level makroskopik, sub-mikroskopik dan simbolik, titrasi asam-basa, model Rasch
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:22
Last Modified: 13 Jul 2023 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44843

Actions (login required)

View Item View Item