Fadillah, Nurul
(2023)
Persepsi Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Online
Learning pada Mata Kuliah Umum di Universitas Negeri Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pelaksanaan Online Learning menemui kendala yang dihadapi mahasiswa
diantaranya koneksi internet yang kurang stabil, LMS sering error, perangkat
pembelajaran yang tidak mendukung serta keterbatasan kuota internet yang
dimiliki mahasiswa untuk mengikuti pembelajaran Online. Hal ini membentuk
banyak persepsi dari mahasiswa, termasuk pada mata kuliah MKU. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan Online
Learning pada mata kuliah Umum di Universitas Negeri Padang.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini berjumlah 2513 orang mahasiswa yang telah menyelesaikan
mata kuliah umum Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Padang.
Penelitian ini menggunakan teknik rendom sampling sehingga penentuan jumlah
sampel 10% dari jumlah mahasiswa yang mengambil mata kuliah umum DasarDasar
Ilmu Pendidikan yang total keseluruhan sampel 251 orang mahasiswa.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan kuesioner dengan cara
memberikan beberapa item pertanyaan kepada responden, dan responden
menjawab melalui Google From, teknik analis data mengunakan statistik
deskriptif dengan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap
pelaksanaan online learning pada mata kuliah umum di Universitas Negeri
Padang, menemukan hasil terendah didapat pada indikator menggunakan dengan
jumlah persentase 57,13% dan hasil tertinggi didapat pada indikator kualitas
informasi dengan persentase 62.72%, Persepsi Mahasiswa terhadap Pelaksanaan
Online Learning pada Mata Kuliah umum di Universitas Negeri Padang termasuk
kategori Baik dengan persentase sebesar 61.00%. Jadi dapat disimpulkan
bawasanya pelaksanaan Online Learning pada Mata Kuliah Umum di Universitas
Negeri Padang dapat dikategorikan Baik.
Actions (login required)
|
View Item |