Unsur Intrinsik dan Kepribadian Tokoh Utama Perempuan dalam Novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam Karya Dian purnomo dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Novel di SMA

Putri, Sherli Chania (2022) Unsur Intrinsik dan Kepribadian Tokoh Utama Perempuan dalam Novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam Karya Dian purnomo dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Novel di SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_SHERLI_CHANIA_PUTRI_18016102_6649_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur intrinsik yang terdapat di dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo, mendeskripsikan kepribadian tokoh utama yang terdapat di dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo, dan mendeskripsikan implikasi kepribadian tokoh utama perempuan dalam pembelajaran teks novel di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah berupa kalimat naratif yang diambil dari kutipan tuturan tokoh utama perempuan, tindakan tokoh utama perempuan dan paparan pengarang yang menggambarkan kepribadian dari tokoh utama perempuan yang ada di dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu membaca dan memahami secara keseluruhan dan mencatat serta menginventarisasi data yang berhubungan dengan kepribadian tokoh utama perempuan dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo berupa paparan narator atau tuturan tokoh serta tindakan tokoh cerita. Hasil penelitian yang dilakukan pada novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, terdapat empat puluh dua data kepribadian tokoh utama perempuan berdasarkan struktur kepribadian id, ego, dan superego. Kedua, struktur kepribadian id berjumlah dua data. Ketiga, struktur kepribadian ego berjumlah tiga puluh satu data. Keempat, struktur kepribadian supergo terdapat Sembilan data. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa struktur kepribadian paling dominan yang dialami oleh tokoh utama perempuan, Magi Diela adalah struktur kepribadian ego. Hal ini terbukti dari empat puluh dua (42) data yang ditemukan di dalam penelitian, terdapat tiga puluh satu (31) data struktur ego yang ditemukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAbdurahman, AbdurahmanUNSPECIFIED
CorrectorGani, ErizalUNSPECIFIED
CorrectorAmir, AmrilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: UNSUR INTRINSIK, NOVEL PEREMPUAN YANG MENANGIS KEPADA BULAN HITAM
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:29
Last Modified: 13 Jul 2023 02:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44830

Actions (login required)

View Item View Item