Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengevaluasi Konsep Kesetimbangan Kimia Pada Level Representasi Makroskopik, Sub Mikroskopik, Dan Simbolik Menggunakan Model Rasch.

Rizal, Difa Aulia Putri (2023) Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengevaluasi Konsep Kesetimbangan Kimia Pada Level Representasi Makroskopik, Sub Mikroskopik, Dan Simbolik Menggunakan Model Rasch. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_07_DIFA_AULIA_PUTRI_RIZAL_18035003_1349_2023_(14 Feb).pdf

Download (978kB) | Preview

Abstract

Instrumen tes yang digunakan disekolah belum efektif untuk mengevaluasi konsep kesetimbangan kimia pada level makroskopik submikroskopikdansimbolik. Pada penelitian ini, dihasilkan instrumen tes yang dapat digunakanuntuk mengevaluasi konsep kesetimbangan kimia pada level makroskopik, submikroskopik, dan simbolik peserta didik SMA yang dinyatakan valid, reliabel, memiliki indeks kesukaran, dan daya beda soal yang baik. Penelitian ini dirancangdengan menggunakan model pengembangan Rasch yang telah dimodifikasi olehWei dengan sepuluh tahapan penelitian yaitu, (1) mendefinisikan konstruk, (2) membuat indikator soal berdasarkan konstruk yang ditentukan, (3) menyusunbutir soal, rubrik penilaian, pedoman penskoran, dan pedoman analisis level pemahaman siswa, (4) melakukan uji coba, (5) menganalisis data dengan model Rasch, (6) meninjau kecocokan item, (7) meninjau peta Wright, (8) mengulangi langkah 4-7 hingga seluruh item fit, (9) menetapkan klaim kualitas instrumen, dan(10) mendokumentasikan instrumen. Hasil penelitian untuk uji validitas isi dianalisis melalui program Minifac dengan lima validator terdiri dari empat dosenkimia Universitas Negeri Padang dan satu guru SMAN 3 Padang memperoleh hasil analisis yang fit dilihat dari nilai exact agreement sebesar 89,1%yang sangat mendekati dengan nilai expect agreement sebesar 89,7%. Hasil uji coba kepada 30 peserta didik SMAN 3 Padang yang dianalisis melalui program Ministep menunjukan hasil valid untuk keseluruhan butir soal karena telah memenuhi kriteria dari nilai outfit MNSQ, ZSTD dan Pt Mean Corr. Nilai reliabilitas yang di peroleh pada item sebesar 0,74 yang telah memenuhi kriteria cukup dan pada nilai realibilitas alpa Cronbach sebesar 0,74 yang telah memenuhi kriteria bagus. Indeks kesukaran dan daya beda yang dianalisis telah memenuhi kriteria baikdengan adanya klasifikasi butir soal mudah, sedang, dan sulit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAini, Faizah QurrataUNSPECIFIED
CorrectorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
CorrectorAzhar, MindaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Instrumen Tes, Kesetimbangan Kimia, Multiple Representasi, Model Rasch
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Jul 2023 04:10
Last Modified: 12 Jul 2023 04:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44805

Actions (login required)

View Item View Item