Alora, Bundani Sakinah
(2023)
Pengembangan E-Modul berbasis Discovery Learning pada materi Laju Reaksi dilengkapi Virtual Laboratory untuk Kelas XI SMA/MA.
Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan validitas dan praktikalitas dari e-modul berbasis discovery learning pada materi laju reaksi dilengkapi virtual laboratory untuk kelas XI SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Plomp. Uji validitas e-modul dilakukan oleh dua orang dosen Kimia FMIPA UNP, tiga orang guru kimia, dan tiga orang dosen Teknik Informatika FT UNP. Uji praktiktikalitas dilakukan dengan tahap small group dengan jumlah peserta didik enam orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas. Lembar angket validitas dianalisis dengan menggunakan formula Aikens’V dan lembar angket praktikalitas dianalisis dengan statistic deskriptif. Hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata Aikens’V untuk validitas materi dan validitas media berturut-turut sebesar 0,83 dan 0,94. Nilai kepraktisan e-modul yang didapatkan peserta didik sebesar 87,5, Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis discovery
learning pada materi laju reaksi dilengkapi virtual laboratory untuk kelas XI SMA/MA dihasilkan sudah valid dan praktis.
Actions (login required)
|
View Item |