Perancangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning dan HOTS Berbantuan Gim Edukasi untuk Pembelajaran Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMAN 13 Padang

Wulandari, Ella (2023) Perancangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning dan HOTS Berbantuan Gim Edukasi untuk Pembelajaran Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMAN 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ELLA_WULANDARI_19016018_619_2023.pdf

Download (754kB) | Preview

Abstract

Siswa membutuhkan media pembelajaran yang interaktif, yang dapat digunakan secara mandiri dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran teks eksposisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk guru mata pelajaran adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Namun, LKPD tidak dapat mendorong kreativitas siswa, karena dinilai tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap pembelajaran dan banyak siswa yang malas dalam mengerjakan LKPD. Oleh karena itu, dirancanglah LKPD elektronik (E-LKPD) untuk memecahkan keterbatasan atau permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana proses perancangan E-LKPD berbasis Discovery Learning dan HOTS berbantuan gim edukasi yang valid, yang dapat dilihat dari segi isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan. Jenis penelitian ini adalah metode campuran atau biasa disebut dengan istilah mixed methods. Tujuan dari penelitian mixed methods adalah untuk memperluas dan memperkuat kesimpulan penelitian, dan penggunaan metode ini membantu menjawab pertanyaan penelitian, memungkinkan penelitian metode campuran untuk mendapatkan pengetahuan dan validasi yang tinggi. Model atau desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu definition (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMAN 13 Padang. Hasil penelitian menunjukan bahwa E-LKPD berbasis Discovery Learning dan HOTS Berbantuan Gim Edukasi untuk pembelajaran teks eksposisi siswa kelas X SMAN 13 Padang adalah valid. Hal tersebut dapat dilihat dari validitas media pembelajaran ini yang memperoleh nilai validitas sebesar 89,88% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya, berdasarkan aspek kelayakan isi diperoleh nilai validitas sebesar 85,00% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan aspek kelayakan kebahasaan diperoleh nilai validitas sebesar 90,38% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan aspek penyajian, diperoleh nilai validitas sebesar 90,38% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan aspek kelayakan kegrafikaan, diperoleh nilai validitas sebesar 93,75% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil validitas tersebut, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis Discovery Learning dan HOTS Berbantuan Gim Edukasi untuk pembelajaran teks eksposisi siswa kelas X SMAN 13 Padang dapat dikatakan sudah valid dan dapat dilanjutkan ke tahapselanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
CorrectorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorNoveria, EnaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 11 Jul 2023 09:01
Last Modified: 11 Jul 2023 09:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44793

Actions (login required)

View Item View Item