Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Cerpen Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Diniyyah Pasia Kecamatan Ampek Angkek Agam

Syahfitri, Ega Mifta Nur (2023) Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Cerpen Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Diniyyah Pasia Kecamatan Ampek Angkek Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_EGA_MIFTA_NUR_SYAHFITRI_19016155_2255_2023.pdf

Download (616kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dua hal berikut. Pertama, mendeskripsikan struktur teks cerpen siswa kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Diniyyah Pasia Kecamatan Ampek Angkek Agam. Kedua, mendeskripsikan ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks cerpen siswa kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Diniyyah Pasia Kecamatan Ampek Angkek Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Swasta Diniyyah Pasia Kecamatan Ampek Angkek Agam. Data dalam penelitian ini adalah Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Cerpen Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Diniyyah Pasia Kecamatan Ampek Angkek Agam. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks cerpen karya kelas XI MAS Diniyyah Pasia Kabupaten Ampek Angkek Agam tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik dokumentasi. Teknik pengabsahan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik uraian rinci. Data dianalisis dengan mengidentifikasi, menganalisis, mengiterpretasikan, dan menyimpulkan berdasarkan teori. Teori yang digunakan adalah teori struktur dan ciri kebahasaan teks cerpen. Hasil penelitian menunjukkan dua hal sebagai berikut. Pertama, dalam menulis teks cerpen siswa kelas XI MAS Diniyyah Pasia Kecamatan Ampek Angkek Agam ditinjau dari segi struktur teks cerpen kurang baik. Teks cerpen yang ditulis lebih dominan dibangun atas lima bagian struktur, yaitu orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda. Siswa belum mampu menghadirkan abstrak. Kedua, dari segi ciri kebahasaan teks cerpen karya siswa kelas XI MAS Diniyyah Pasia Kecamatan Ampek Angkek Agam masih banyak ditemukan kesalahan dalam penggunaan kata depan yang tepat. Selanjutnya, dari segi penggunaan gaya bahasa, siswa cenderung menggunakan majas perbandingan dalam penulisan teks cerpennya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan dua hal. Pertama, teks cerpen siswa kelas XI MAS Diniyyah Pasia Kecamatan Ampek Angkek Agam ditinjau dari segi struktur teks cerpen masih kurang baik. Kedua, kebahasaan teks cerpen yang ditulis siswa kelas XI MAS Diniyyah Pasia lebih dominan menggunakan majas perbandingan dan pertentangan. Selanjutnya, masih banyak ditemukan kesalahan dalam penggunaan kata depan yang tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmir, AmrilUNSPECIFIED
CorrectorAbdurrahman, AbdurrahmanUNSPECIFIED
CorrectorHafrison, HafrisonUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 11 Jul 2023 09:01
Last Modified: 11 Jul 2023 09:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44791

Actions (login required)

View Item View Item