Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Rupa melalui Penggunaan Metode Mind Mapping di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Sutera

Widiyana, Efrita (2023) Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Rupa melalui Penggunaan Metode Mind Mapping di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Sutera. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_EFRITA_WIDIYANA_18020081_501_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk: 1). Meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran seni rupa melalui penggunaan metode Mind Mapping di kelas XI IPA 2 SMAN 1 Sutera. 2) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni rupa melalui penggunaan metode Mind Mapping di kelas XI IPA 2 SMAN 1 Sutera. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Sutera yang terdiri dari 36 siswa, dengan materi pembelajaran menganalisis konsep, unsur, prinsip, bahan, dan teknik dalam berkarya seni rupa, yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dimana setiap siklus memiliki 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Instrument penelitian yaitu tes hasil belajar siswa, tes membuat Mind Mapping, angket minat belajar, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan 1) Penggunaan metode Mind Mapping dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar seni rupa di kelas XI IPA 2 SMAN 1 Sutera. Hal ini bisa dilihat pada pra siklus hasil persentase 50,8% masuk kepada kategori kurang, siklus I hasil persentase angket minat berada pada angka 69,6% yang masuk dalam kategori sedang. Pada siklus II hasil persentase angket minat meningkat yaitu berada pada angka 84,6% yang berarti masuk ke dalam kategori tinggi. 2) Penggunaan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar seni rupa di kelas XI IPA 2 SMAN 1 Sutera. Hal ini bisa dilihat pada pra siklus nilai siswa yang tuntas 11 siswa 31,4% dan yang tidak tuntas adalah 24 siswa 68,6% siklus I nilai siswa yang tuntas adalah 14 siswa 40% dan yang tidak tuntas adalah 21 siswa 60%, kemudian meningkat pada siklus II dengan siswa yang tuntas 29 siswa 82,9% dan yang tidak tuntas 6 siswa 17,2%. Berdasarkan hasil diatas maka penelitian ini dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan metode Mind Mapping dapat meningkatkan minat dan hasil belajar seni rupa siswa di kelas XI IPA 2 SMAN 1 Sutera.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWikarya, YusronUNSPECIFIED
CorrectorZubaidah, ZubaidahUNSPECIFIED
CorrectorAwrus, SuibUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:20
Last Modified: 11 Jul 2023 08:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44788

Actions (login required)

View Item View Item