Analisis Kinerja Saham Perusahaan Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19 (Studi Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia)

Kurniawan, M. Budi Asri (2023) Analisis Kinerja Saham Perusahaan Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19 (Studi Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_M_BUDI_ASRI_KURNIAWAN_19059230_1656_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis perbedaan rata-rata abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman virus Covid-19 pada saat pertama kali terkonfirmasi di Indonesia, (2) mengetahui dan menganalisis apakah terdapat rata-rata trading volume activity sebelum dan sesudah pengumuman virus Covid-19 yang berbeda pada saat pertama kali terkonfirmasi di Indonesia. Pada penelitian ini event study digunakan untuk menganalisis pergerakan return dan trading volume activity yang terjadi dari waktu ke waktu dengan membandingkan periode peristiwa, yakni 10 hari sebelum pandemi dan 10 hari selama pandemi (Februari-Maret 2020) menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI sebanyak 42 perusahaan dengan jumlah data sebanyak 210 data sebelum dan 210 data selama pandemi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu paired sampel t-test dan Wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat perbedaan rata-rata abnormal return sebelum dan setelah pengumuman Covid-19. (2) terdapat perbedaan rata-rata trading volume activity sebelum dan setelah pengumuman Covid-19. Jadi pandemi Covid-19 berdampak secara signifikan pada perusahaan-perusahaan manufaktur di BEI, yaitu pada abnormal return dan trading volume activity.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasdupi, ErniUNSPECIFIED
CorrectorYumna, AimatulUNSPECIFIED
CorrectorZulvia, YolandafitriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KINERJA SAHAM PERUSAHAAN SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:09
Last Modified: 11 Jul 2023 08:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44784

Actions (login required)

View Item View Item