Penyesuaian Diri Siswa terhadap Tata Tertib Sekolah

Nicken Balya Khairunnisa, Nicken Balya (2023) Penyesuaian Diri Siswa terhadap Tata Tertib Sekolah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_NICKEN_BALYA_KHAIRUNNISA_18006296_28_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya fenomena siswa yang kurang bisa dalam menyesuaikan diri dengan tata tertib sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penyesuaian diri siswa terhadap tata tertib sekolah dilihat dari kematangan emosional, (2) mendeskripsikan penyesuaian diri siswa terhadap tata tertib sekolah dilihat dari kematangan intelektual, (3) mendeskripsikan penyesuaian diri siswa terhadap tata tertib sekolah dilihat dari kematangan sosial, dan (4) mendeskripsikan penyesuaian diri siswa terhadap tata tertib sekolah dilihat dari kematangan tanggung jawab. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode desktiptif. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X SMAN 2 Sawahlunto yang berjumlah 235 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 135 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket tentang penyesuaian diri siswa dengan model skala Likert. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa:(1) penyesuaian diri siswa terhadap tata tertib yang dilihat dari aspek kematangan emosional berada pada kategori tinggi, (2) dilihat dari aspek kematangan intelektual pada kategori tinggi, (3) dari aspek kematangan sosial pada kategori sangat tinggi, dan (4) dari aspek kematangan tanggung jawab berada pada kategori tinggi. Hasil temuan tersebut secara keseluruhan penyesuaian diri siswa terhadap tata tertib berada pada kategori tinggi. Implikasi dalam Bimbingan dan konseling dapat dilakukan dengan pemberian layanan informasi, layanan orientasi, dan layanan bimbingan konseling dengan topik “(a) mematuhi peraturan tata tertib di lingkungan, (b) mengenal dan memahami tata tertib sekolah, (c) cara meningkatkan penyesuaian diri pada tata tertib sekolah, dan (d) penyesuaian diri siswa terhadap tata tertib sekolah.” .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSano, AfrizalUNSPECIFIED
CorrectorNirwana, HermanUNSPECIFIED
CorrectorZahri, Triave NuzilaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:26
Last Modified: 11 Jul 2023 03:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44767

Actions (login required)

View Item View Item