Hayati, Nina Puspita
(2023)
Persepsi Siswa tentang Bimbingan Kelompok di
SMAN 1 Pariaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Bimbingan Kelompok sangat dibutuhkan siswa untuk membantu dalam
menunjang kehidupannya sehari-hari baik individu maupun sebagai pelajar,
anggota keluarga, dan masyarakat serta pertimbangan dalam pengambilan
keputusan. Siswa yang mengikuti kegiatan bimbingan kelompok diharapkan untuk
memiliki atau mendapatkan pengembangan kemampuan bersosialisasi khususnya
kemampuan berkomunikasi peserta layanan serta dapat mendorong pengembangan
nilai rasa, pemikiran, persepsi, wawasan dan pengetahuan, serta sikap untuk
mewujudkan tingkah laku yang lebih efektif. Namun, pada kenyataan yang terjadi
masih terdapat siswa yang kurang memanfaatkan layanan bimbingan kelompok.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang bimbingan
kelompok dengan beberapa aspek: (1) proses pelaksanaan layanan bimbingan
kelompok, (2) tujuan layanan bimbingan kelompok dan, (3) fungsi/manfaat
layanan bimbingan kelompok.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek
dalam penelitian ini yaitu siswa yang sudah mengikuti layanan bimbingan
kelompok di SMAN 1 Pariaman yang berjumlah 57 siswa. Pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan angket persepsi siswa tentang bimbingan kelompok di
SMAN 1 Pariaman. Data diolah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang bimbingan
kelompok di SMAN 1 Pariaman berada pada kategori baik. Hasil penelitian
persepsi siswa tentang bimbingan kelompok di SMAN 1 Pariaman dapat dilihat
dengan rinci sebagai berikut: (1) persepsi siswa tentang proses pelaksanaan
layanan bimbingan kelompok berada pada kategori baik, (2) persepsi siswa tentang
tujuan layanan bimbingan kelompok berada pada kategori cukup baik, (3) persepsi
siswa tentang fungsi/manfaat layanan bimbingan kelompok pada kategori cukup
baik.
Actions (login required)
|
View Item |