Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Kontrol Diri Siswa di Sekolah

Wardianto, Ridho (2023) Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Kontrol Diri Siswa di Sekolah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_RIDHO_WARDIANTO_18006205_344_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pendidikan memegang peran penting untuk meningkatkan kualitas suatu bangsa. Kualitas suatu bangsa ditandai dan diukur dari kemajuan pendidikan dan Sumber Daya Manusianya sendiri. Sementara itu, kualitas pendidikan di indonesia pada saat ini menunjukkan keadaan yang tidak menggembirakan, permasalahanpermasalahan pokok pendidikan adalah adanya peserta didik yang mudah marah, tidak mampu berdiskusi dengan teman sejawat, kurangnya kesadaran dalam mengerjakan tugas, kurangnya empati dan sulit mengontrol diri dari celaan. Oleh sebab itu, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimana kontrol diri dapat mengatur emosional siswa untuk mendapatkan cara belajar yang sesuai dan prestasi yang memuaskan”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kecerdasan emosional siswa, (2) kontrol diri siswa serta (3) untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan antara kecerdasan emosional dengan kontrol diri siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelational. Populasi penelitian ini 711 orang siswa SMAN 16 Padang Semester Januari – Juni 2021/2022. Jumlah sampel 256 orang siswa yang dipilih secara Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen kecerdasan emosional dan instrumen kontrol diri dengan menggunakan skala model Likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik korelasional Pearson Product Moment. Temuan penelitian ini memperlihatkan bahwa: (1) kecerdasan emosional siswa berada pada kategori sedang dengan jumlah 170 orang (66,4%), (2) kontrol diri siswa berada pada kategori tinggi dengan jumlah 106 orang (41,41%) dan (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kontrol diri dengan nilai koefisien korelasi 0,570 dan taraf signifikasi 0,004. Implikasi bagi bimbingan dan konseling dapat dilakukan dengan pemberian layanan informasi, layanan individual dan layanan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyukur, YarmisUNSPECIFIED
CorrectorSano, AfrizalUNSPECIFIED
CorrectorPutriani, LisaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:45
Last Modified: 10 Jul 2023 03:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44735

Actions (login required)

View Item View Item