Wardianto, Ridho
(2023)
Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Kontrol
Diri Siswa di Sekolah.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pendidikan memegang peran penting untuk meningkatkan kualitas suatu
bangsa. Kualitas suatu bangsa ditandai dan diukur dari kemajuan pendidikan dan
Sumber Daya Manusianya sendiri. Sementara itu, kualitas pendidikan di indonesia
pada saat ini menunjukkan keadaan yang tidak menggembirakan, permasalahanpermasalahan
pokok
pendidikan
adalah
adanya
peserta didik yang mudah marah,
tidak mampu berdiskusi dengan teman sejawat, kurangnya kesadaran dalam
mengerjakan tugas, kurangnya empati dan sulit mengontrol diri dari celaan. Oleh
sebab itu, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimana
kontrol diri dapat mengatur emosional siswa untuk mendapatkan cara belajar yang
sesuai dan prestasi yang memuaskan”. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan: (1) kecerdasan emosional siswa, (2) kontrol diri siswa serta (3)
untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan antara kecerdasan emosional
dengan kontrol diri siswa di sekolah.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian
deskriptif korelational. Populasi penelitian ini 711 orang siswa SMAN 16 Padang
Semester Januari – Juni 2021/2022. Jumlah sampel 256 orang siswa yang dipilih
secara Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen
kecerdasan emosional dan instrumen kontrol diri dengan menggunakan skala
model Likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik
korelasional Pearson Product Moment.
Temuan penelitian ini memperlihatkan bahwa: (1) kecerdasan emosional
siswa berada pada kategori sedang dengan jumlah 170 orang (66,4%), (2) kontrol
diri siswa berada pada kategori tinggi dengan jumlah 106 orang (41,41%) dan (3)
terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan
kontrol diri dengan nilai koefisien korelasi 0,570 dan taraf signifikasi 0,004.
Implikasi bagi bimbingan dan konseling dapat dilakukan dengan pemberian
layanan informasi, layanan individual dan layanan bimbingan kelompok.
Actions (login required)
|
View Item |