Penerapan Kode Etik Pustakawan terhadap Kinerja Pustakawan di UPT. Perpustakaan Universitas Andalas

Halawa, Artati (2023) Penerapan Kode Etik Pustakawan terhadap Kinerja Pustakawan di UPT. Perpustakaan Universitas Andalas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_ARTATI_HALAWA_19234003_2959_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian adalah timbulnya persepsi dari pemustaka bahwa pustakawan identik dengan sikap jutek dan judes yang mengakibatkan pemustaka malas berkunjung ke perpustakaan. Tujuan penelitian ini Pertama, mendeskripsikan penerapan kode etik pustakawan terhadap kinerja pustakawan dalam bidang melayani di UPT. Perpustakaan Universitas Andalas. Kedua, mendeskripsikan kendala yang dihadapi pustakawan dalam penerapan kode etik di UPT. Perpustakaan Universitas Andalas. Ketiga, mendeskripsikan upaya yang dilakukan pustakawan dalam penerapan kode etik pustakawan di UPT. Perpustakaan Universitas Andalas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah hasil wawancara diperoleh dari empat pustakawan yang bertugas pada bidang layanan di perpustakaan Universitas Andalas. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri, pedoman wawancara, buku catatan dan handphone. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data dan pengungkit data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keenam indikator kode etik dalam bidang melayani sudah diterapkan dengan cukup baik di UPT. Perpustakaan Universitas Andalas. Terdapat dua kendala dalam upaya penerapan kode etik pustakawan, yakni: Pertama, rekan kerja yang memiliki emosi tidak terkontrol, Kedua, rekan kerja yang terkadang tidak mematuhi aturan kerja. Ada tujuh upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam penerapan kode etik, yakni : Pertama, bersahabat dengan situasi dan tetap enjoy. Kedua, menanamkan prinsip bahwa setiap permasalahan pasti ada solusi. Ketiga, menerima kendala dengan tenang tanpa emosi. Keempat, berdiskusi dengan rekan kerja. Kelima, menjadi penengah antara pemustaka dengan pustakawan. Keenam, Mengingat kembali tujuan bekerja. Ketujuh, tidak mudah terbawa arus negatif dari lingkungan kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurizzati, NurizzatiUNSPECIFIED
CorrectorErlianti, GustinaUNSPECIFIED
CorrectorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:59
Last Modified: 07 Jul 2023 03:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44716

Actions (login required)

View Item View Item