Pengembangan Bahan Ajar Digital Menggunakan Aplikasi Sigil pada Mata Kuliah Evaluasi Program

Widianingrum, Rifana Indah (2023) Pengembangan Bahan Ajar Digital Menggunakan Aplikasi Sigil pada Mata Kuliah Evaluasi Program. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Rifana_Indah_Widianingrum_18004089_2211_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pengembangan bahan ajar digital ini dilakukan sebagai upaya dalam memecahkan permasalahan dalam pembelajaran, dimana kurangnya motivasi dan minat mahasiswa dalam mengikuti proses perkuliahan karena salah satunya belum tersedianya bahan ajar berbasis digital yang sesuai silabus mata kuliah Evaluasi Program. Dengan adanya bahan ajar digital menggunakan aplikasi Sigil ini dapat membantu proses pembelajaran dan meningkatkan antusias mahasiswa dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D), menggunakan model ASSURE. Adapun prosedur pengembangan pada penelitian terdiri dari 6 tahap, yaitu: (1) Analyze learner characteristic, (2) State performance objectives, (3) Select methods, media, and materials, (4) Utilize materials, (5) Requires learner participation, (6) evaluation and revision. Uji validitas produk dilakukan oleh tiga orang validator yakni dua orang validator media dan satu orang validator materi. Jumlah subjek penelitian adalah 30 orang mahasiswa Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Alat pengumpulan data berupa dokumentasi dan lembar penilaian. Berdasarkan hasil dari penilaian kelayakan dari validator media dan validator materi, dapat disimpulkan hasil penilaian oleh dua orang ahli media dikategorikan “Sangat Valid” untuk digunakan, dengan jumlah penilaian dari validator I yaitu diperoleh nilai rata-rata 4,7 dan validator II diperoleh nilai ratarata 4,82. Sedangkan hasil penilaian ahli materi pada aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, ilustrasi dan evaluasi dikategorikan “Sangat Valid” dengan diperoleh nilai rata-rata 4,88. Hasil uji praktikalitas berada pada kategori “Praktis” dengan hasil penilaian rata-rata 4,06. Jadi dapat disimpulkan bahwa bahan ajar digital menggunakan aplikasi Sigil pada mata kuliah Evaluasi Program yang telah dikembangkan sudah sangat layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
CorrectorYeni J, FetriUNSPECIFIED
CorrectorNovrianti, NovriantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:57
Last Modified: 07 Jul 2023 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44710

Actions (login required)

View Item View Item