Wulandari, Sri Rahayu
(2023)
Efektivitas Permainan Finger Painting untuk
Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Dasar bagi Anak Tunagrahita
Ringan Kelas IV/C di SLB Hikmah Reformasi Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan yang dimiliki anak
tunagrahita kelas IV/C yaitu berkaitan dengan kemampuang mengenal warna
dasar yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah
permainan finger painting efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal
warna dasar bagi anak tunagrahita ringan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk Single
Subject Research (SSR) dengan desain berbentuk A-B-A. Subjek dalam penelitian
ini yaitu anak tunagrahita ringan kelas IV/C di SLB Hikmah Reformasi Padang.
Selanjutnya pengumpulan data menggunakan teknik tes yang terdiri dari beberapa
butir soal. Kemudian menggunakan teknik analisis data dengan visual grafik.
Hasil analisis sebanyak 16 kali pengamatan, data yang didapatkan pada setiap
kondisi yaitu pada baseline (A1) 0%, 25%, 25%, dan 25%. Selanjutnya
pengamatan saat kondisi intervensi dengan persentase 62%, 68%, 71%, 75%, 78%,
84%, 84%, dan 84%. Terakhir pengamatan yang dilaksanakan pada kondisi
baseline (A2) dengan perolehan persentase yaitu 87%, 93%, 93% dan 93%. Maka
dapat disimpulkan hasil penelitian mengindikasikan bahwa permainan finger
painting efektif dalam mengingkatkan kemampuan mengenal warna dasar pada
anak tunagrahita ringan.
Actions (login required)
|
View Item |