Relevansi Ketersediaan Koleksi Perpustakaan dengan Kebutuhan Informasi Siswa Kelas XII SMAN 1 Peranap Kabupaten Indragiri Hulu Riau

Asning, Prayumi Wikanti (2022) Relevansi Ketersediaan Koleksi Perpustakaan dengan Kebutuhan Informasi Siswa Kelas XII SMAN 1 Peranap Kabupaten Indragiri Hulu Riau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B_08_PRAYUMI_WIKANTI_ASNING_18234014_6561_2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana ketersediaan koleksi di Perpustakaan SMAN 1 Peranap, untuk mendeskripsikan mengenai kebutuhan informasi siswa kelas XII di SMAN 1 Peranap, serta mendeskripsikan relevansi koleksi yang tersedia di perpustakaan SMAN 1 Peranap dengan kebutuhan informasi kelas XII. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini dikumpukan melalui observasi, kuesioner, dan studi kepustakaan. Responden dalam penelitian ada 70 orang yang terdiri dari siswa kelas XII. Terdapat 3 hasil penelitian ini Pertama, ketersediaan koleksi di Perpustakaan SMAN 1 Peranap dalam kategori tinggi dalam kualitasnya, ketersediaan buku teks atau pengetahuan umum dan koleksi referensi (kamus, ensiklopedia) dalam kategori tinggi dalam koleksi yang memadai. Namun, Perpustakaan SMAN 1 Peranap masih dalam kategori sedang perihal mutakhir atau up to date dan jumlah koleksinya masih belum memadai dalam memenuhi kebutuhan informasi siswa kelas XII. Kedua, kebutuhan informasi siswa kelas XII di SMAN 1 Peranap dalam kategori tinggi terpenuhi dengan sarana dan prasarana yang disediakan oleh Perpustakaan sudah menunjang kegiatan proses belajar mengajar, Perpustakaan juga dalam kategori tinggi sesuai untuk kebutuhan informasi dengan jurusan dari kelas XII IPA maupun XII IPS, akan tetapi Perpustakaan masih perlu menambah dan meningkatkan koleksi atau bahan pustaka agar sesuai dengan kebutuhan informasi dari siswa. Ketiga, kerelevanan koleksi yang ada di Perpustakaan sudah cukup relevan dengan kebutuhan informasi siswa kelas XII di SMAN 1 Peranap dengan diperoleh tingkat ketersediaan koleksi sebesar 77,5% dan berada ada kategori penilaian “tinggi”. Sementara itu, kebutuhan informasi siswa kelas XII sebesar 76,2% dengan kategori penilaian “tinggi”. Dapat ditarik kesimpulan bahwasanya adanya relevansi ketersediaan koleksi perpustakaan di SMAN 1 Peranap dengan kebutuhan informasi siswa kelas XII.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNelisa, MaltaUNSPECIFIED
CorrectorPrimadesi, YonaUNSPECIFIED
CorrectorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KETERSEDIAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN, KEBUTUHAN INFORMASI
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:00
Last Modified: 06 Jul 2023 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44670

Actions (login required)

View Item View Item