Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sitiung

Nadila, Pangesti Wiwit (2022) Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sitiung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B_01_PANGESTI_WIWIT_NADILA_18016171_5899_2022.pdf

Download (0B)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini mendeskripsikan dua hal berikut. Pertama, mendeskripsikan struktur teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sitiung. Kedua, mendeskripsikan unsur kebahasaan teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sitiung. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah data kualitatif berupa karangan teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sitiung yang berjumlah 30 teks. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sitiung tahun ajaran 2021/2022. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data melalui studi langsung dengan teknik pancing. Teknik pengabsahan data dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi (cross-chek). Data dianalisis dengan langkah-langkah, yaitu (1) mengidentifikasi unsur umum data dengan cara membuat format kode data dan judul teks, (2) melakukan inventarisasi terhadap data, (3) menganalisis data dengan cara membuat format analisis struktur dan unsur kebahasaan teks prosedur, (4) hasil analisis peneliti diperiksa atau dicek kembali oleh informan, dan (5) membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan dua hal sebagai berikut. Pertama, struktur teks prosedur. Struktur teks terdiri atas judul, tujuan, alat dan bahan, langkah-langkah, dan penutup. Identifikasi atau gambaran umum dalam teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sitiung secara keseluruhan telah memiliki judul. Dari 30 data penelitian semua teks prosedur memiliki judul. Selanjutnya, tujuan. Tujuan yang ditulis siswa secara umum kurang menggunakan tujuan dalam membuat teks prosedur. Hal tersebut terbukti dari 30 teks yang dianalisis ada 24 teks yang memiliki tujuan. Selanjutnya alat dan bahan, langkah langkah, dan penutup. Dari 30 data penelitian semua teks prosedur memiliki alat dan bahan, langkah-langkah, dan penutup. Kedua, dilihat dari segi unsur kebahasaan. Kebahasaan yang dianalisis ada tiga yaitu pronomina, konjungsi, dan kalimat imperatif. Dari 30 data penelitian ditemukan 12 jumlah pronomina yang terdiri atas 11 pronomina yang tepat dan 1 pronomina yang tidak tepat. Dari 30 data penelitian ditemukan 281 jumlah konjungsi yang terdiri atas 265 konjungsi yang tepat dan 16 konjungsi yang tidak tepat. Dari 30 data penelitian ditemukan 258 jumlah kalimat secara keseluruhan. Dari 258 kalimat terdapat 141 kalimat imperatif yang terdiri atas 122 kalimat imperatif yang tepat dalam penulisannya dan 19 ketidaktepatan penulisan kalimat imperatif. Jadi, siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sitiung kurang mendayagunakan pronomina dan cenderung menggunakan konjungsi dan kalimat imperatif dalam menulis teks prosedur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTamsin, Andria CatriUNSPECIFIED
CorrectorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
CorrectorEmidar, EmidarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STRUKTUR KEBAHASAAN, UNSUR KEBAHASAAN
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:00
Last Modified: 06 Jul 2023 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44669

Actions (login required)

View Item View Item