Academic Hardiness pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi

Wati, Widia (2023) Academic Hardiness pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_WIDIA_WATI_18006217_3104_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena pada mahasiswa akhir yang sedang mengerjakan skripsi mengalami kecemasan berlebihan pada saat mengerjakan tugas akhir (skripsi), hal ini disebabkan karena mahasiswa akhir memiliki ketahanan akademik (academic hardiness) yang rendah. Fenomena tersebut didasari atas perubahan mood yang tidak stabil, sering sakit, selera makan menurun, sering menyendiri bahkan takut bertemu dengan teman satu angkatan. Adapun tujuan dalam penelitian ini, yaitu: 1) mendeskripsikan akademic hardiness pada mahasiswa dilihat dari aspek commitment, 2) mendeskripsikan akademic hardiness pada mahasiswa dilihat dari aspek control, 3) mendeskripsikan akademic hardiness pada mahasiswa dilihat dari aspek challenge. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNP tahun masuk 2018 yang sedang mengerjakan skripsi yang berjumlah 77 orang mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik porposive sampling, dengan kriteria mahasiswa aktif Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNP tahun masuk 2018 yang sedang mengerjakan skripsi. Pengumpulan data menggunakan instrumen academic hardiness model skala likert. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) academic hardiness pada mahasiswa pada umumnya berada pada kategori tinggi, yang berarti mahasiswa memiliki semua aspek academic hardiness pada saat mengerjakan skripsi, 2) academic hardiness pada mahasiswa berdasarkan aspek commitment berada pada kategori tinggi, dapat diartikan bahwa mahasiswa memiliki usaha yang konsisten untuk mencari berbagai sumber referensi untuk menyelesaikan skripsinya serta mendiskusikannya dengan dosen pembimbing, 3) academic hardiness pada mahasiswa berdasarkan aspek control berada pada kategori tinggi, dapat diartikan bahwa mahasiswa mampu mengendalikan emosionalnya dengan baik pada saat bimbingan skripsi dan hasil bimbingan tidak sesuai dengan keinginannya, 4) academic hardiness pada mahasiswa berdasarkan aspek challenge berada pada kategori tinggi, dapat diartikan bahwa mahasiswa mampu menyelesaikan kesulitan akademik dan memperbaiki kesalahan sebelumnya sehingga mahasiswa menganggap kesulitan sebagai tantangan yang harus diselesaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIfdil, IfdilUNSPECIFIED
CorrectorNetrawati, NetrawatiUNSPECIFIED
CorrectorSukmawati, IndahUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Jul 2023 04:28
Last Modified: 05 Jul 2023 04:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44655

Actions (login required)

View Item View Item