Sefita, Wira
(2023)
Hubungan Interpersonal Keluarga dengan Motivasi
Berprestasi pada Siswa.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan fenomena di lapangan adanya siswa
yang tidak hadir dalam mengikuti pelajaran, siswa yang tidak mengerti dengan
materi pelajaran dan hasil belajar siswa yang pada umumnya rendah,
meningkatnya layanan konseling individu yang permasalahannya tidak jauh dari
bidang belajar, keaktifan belajar dan motivasi untuk meraih prestasi yang
cenderung menurun, dan hasil belajar yang rendah. Adanya permasalahan siswa
yang tidak jauh dari hubungan antar anggota keluarga yang kurang harmonis
sehingga siswa tidak fokus dan semangat dalam mengikuti proses belajar. Hal ini
di asumsikan sebagai salah satu faktor rendahnya prestasi yang diraih siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan interpersonal keluarga
dengan motivasi berprestasi siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif
korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antar variabel bebas (X)
dan variabel terikat (Y) dalam suatu penelitian. Maka dari itu dapat dipahami
bahwa penelitian ini dilakukan untuk menguji apakah terdapat hubungan yang
signifikan antara variabel bebas (hubungan interpersonal keluarga) dan variabel
terikat ( motivasi berprestasi) di SMAN 14 Padang. Subjek penelitian ini yaitu
siswa SMAN 14 Padang sebanyak 251 siswa dari siswa kelas XI dan XII. .
Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket skala likert. Data analisis
menggunakan statistik deskripstif menggunakan rumus product moment
correlations dengan bantuan program SPSS versi 2,00.
Hasil penelitian ini memukan hubungan interpersonal keluarga siswa di
SMAN 14 Padang berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar
54,58%. Motivasi berprestasi siswa di SMAN 14 Padang berada pada kategori
sedang persentase 51,39%. Hasil analisis korelasi terdapat hubungan yang positif
signifikan antara hubungan interpersonal keluarga dengan motivasi berprestasi
siswa SMAN 14 Padang dengan nilai r hitung sebesar 0,410 dengan tingkat
hubungan sedang. Artinya, jika hubungan interpersonal keluarga tinggi maka
motivasi berprestasi pada siswa juga tinggi dan sebaliknya jika hubungan
interpersonal keluarga rendah maka motivasi berprestasi pada siswa juga rendah.
Actions (login required)
|
View Item |