Hubungan Interpersonal Keluarga dengan Motivasi Berprestasi pada Siswa

Sefita, Wira (2023) Hubungan Interpersonal Keluarga dengan Motivasi Berprestasi pada Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_WIRA_SEFITA_18006218_2610_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan fenomena di lapangan adanya siswa yang tidak hadir dalam mengikuti pelajaran, siswa yang tidak mengerti dengan materi pelajaran dan hasil belajar siswa yang pada umumnya rendah, meningkatnya layanan konseling individu yang permasalahannya tidak jauh dari bidang belajar, keaktifan belajar dan motivasi untuk meraih prestasi yang cenderung menurun, dan hasil belajar yang rendah. Adanya permasalahan siswa yang tidak jauh dari hubungan antar anggota keluarga yang kurang harmonis sehingga siswa tidak fokus dan semangat dalam mengikuti proses belajar. Hal ini di asumsikan sebagai salah satu faktor rendahnya prestasi yang diraih siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan interpersonal keluarga dengan motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antar variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dalam suatu penelitian. Maka dari itu dapat dipahami bahwa penelitian ini dilakukan untuk menguji apakah terdapat hubungan yang signifikan antara variabel bebas (hubungan interpersonal keluarga) dan variabel terikat ( motivasi berprestasi) di SMAN 14 Padang. Subjek penelitian ini yaitu siswa SMAN 14 Padang sebanyak 251 siswa dari siswa kelas XI dan XII. . Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket skala likert. Data analisis menggunakan statistik deskripstif menggunakan rumus product moment correlations dengan bantuan program SPSS versi 2,00. Hasil penelitian ini memukan hubungan interpersonal keluarga siswa di SMAN 14 Padang berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 54,58%. Motivasi berprestasi siswa di SMAN 14 Padang berada pada kategori sedang persentase 51,39%. Hasil analisis korelasi terdapat hubungan yang positif signifikan antara hubungan interpersonal keluarga dengan motivasi berprestasi siswa SMAN 14 Padang dengan nilai r hitung sebesar 0,410 dengan tingkat hubungan sedang. Artinya, jika hubungan interpersonal keluarga tinggi maka motivasi berprestasi pada siswa juga tinggi dan sebaliknya jika hubungan interpersonal keluarga rendah maka motivasi berprestasi pada siswa juga rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, DinaUNSPECIFIED
CorrectorYarmis, YarmisUNSPECIFIED
CorrectorNetrawati, NetrawatiUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Jul 2023 04:28
Last Modified: 05 Jul 2023 04:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44654

Actions (login required)

View Item View Item