Nilai-nilai Moral dalam Novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas Karya J.S Khairen dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Novel Kelas XII SMA

Zulmarni, Putri Alda (2022) Nilai-nilai Moral dalam Novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas Karya J.S Khairen dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Novel Kelas XII SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B_01_PUTRI_ALDA_ZULMARNI_18016173_3785_2022.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsika nilai moral terhadap Allah, nilai moral terhadap sesama manusia, nilai moral terhadap diri sendiri dan nilai moral terhadap lingkungan dalam novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas karya J.S Khairen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini yaitu nilai-nilai moral dalam novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas karya J.S Khairen. Instrumen penelitianini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung berupa lembaran pencatatan dan penganalisisan data. Teknik pengumpulan pada penelitian ini adalah memahami data, mengidentifikasi data dan mengklasifikasi data. Teknik pengabsahan data yang digunakan adalah teknik uraian rinci. Langkah-langkah menganalisis data adalah mengidentifikasi data, mengklasifikasidata, menginterpretasi datamenyimpulkan data dan menulis laporan data. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut. Pertama terdapat nilia-nilai moral terhadap Allahterdiri dari nilai-nilai taat beribadah, nilai-nilai bersyukur, nilai-nilai berzikir, dan nilai-nilai bertawakal. Kedua, terdapat nilai-nilai moral terhadap sesama manusia terdiri dari nilai-nilai memberi pertolonganm nilai-nilai berbakti kepada orang tua, nilia-nilai sopan santun, dan nilai-nilai saling memaafkan. Ketiga, terdapat nilai moral terhadap diri sendiri terdiri dari, nilai-nilai sabar, nilai-nilai amanah, nilai-nilai memelihara kesucian diri, nilai-nilai kejujuran, dan nilai-nilai rendah hati rendah hati. Keempat, terdapat nilai-nilai moral terhadap lingkungan. Kemudian hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada pembelajaran teks novel di kelas XII SMA, yakni dalam pembelajaran Kompetensi Dasar menunjukan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawa, dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memahami serta menyajikan novel. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas karya J.S Khairen dapat diimplikasikan dalam pembelajaran teks novel melalui bahan ajar atau materi ajar yang terkait dengan nilai-nilai moral dalam teks novel di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTamsin, Andria CatriUNSPECIFIED
CorrectorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorEmidar, EmidarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: NOVEL KAMI (BUKAN) SARJANA KERTAS
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:34
Last Modified: 06 Jul 2023 02:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44647

Actions (login required)

View Item View Item