Melani, Annisa
(2023)
Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 16 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan penelitian ini ada empat. Pertama, untuk mendeskripsikan persiapan yang dilakukan oleh guru dalam menerapkan kurikulum merdeka di SMP Negeri 16 Padang. kedua, untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka di SMP Negeri 16 Padang. ketiga, untuk mengetahui penilaian pembelajaran dalam kurikulum merdeka di SMP Negeri 16 Padang. keempat, untuk mendeskripsikan solusi yang dilakukan guru dalam menghadapi permasalahan yang muncul pada implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 16 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatf dengan metode deskriptif. Data kualitatif diperoleh dari teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penganalisisan data menggunakan teknik deskriptif analitik yaitu mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyatakan adanya tiga permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran bahasa Indonesia, pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Indonesia, dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi tersebut. Tiga permasalahan tersebut yaitu sulitnya mengubah mindset atau kebiasaan lama dalam penerapan pada pembelajaran, penerapan pembelajaran diferensiasi yang kurang maksimal, dan banyaknya perangkat pembelajaran yang berbeda dalam satu lembaga.
Actions (login required)
|
View Item |