Multimodal Discourse Analysis on Representation of Black Hero in Malcolm Spellman the Falcon and the Winter Soldier Series

Azizah, Anna Wafiq (2023) Multimodal Discourse Analysis on Representation of Black Hero in Malcolm Spellman the Falcon and the Winter Soldier Series. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_ANNA_WAFIQ_AZIZAH_18019072_2974_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Analisis wacana multimodal adalah pendekatan interdisipliner yang mempelajari bagaimana mode komunikasi yang berbeda bekerja sama untuk menciptakan makna dalam interaksi sosial. Penulis menganalisis unsur verbal dan visual dalam The Falcon and the Winter Soldier dalam penelitian ini. Metode kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi komponen verbal dan visual yang menggambarkan orang kulit hitam dan untuk memastikan bagaimana komponen tersebut berinteraksi dalam film. Untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang hubungan antara elemen verbal dan visual, peneliti menggunakan kerangka teori dari Kress dan van Leeuwen (2006) tentang analisis tata bahasa visual, Halliday dan Matthiessen (2014) tentang metafungsi bahasa, dan Leeuwen (2005) pada hubungan antar mode. Menurut temuan penelitian, proses material mendominasi metafungsi ideasional dalam bahasa verbal, yang menunjukkan bahwa teks menggambarkan bentuk-bentuk diskriminasi yang dialami orang kulit hitam. Tindak tutur pernyataan, yang menunjukkan bahwa teks terutama dalam bentuk mood deklaratif, mendominasi dalam metafungsi interpersonal. Metafungsi tekstual berisi topikal tanpa markah dan multiple theme dalam film ini yang mengacu pada bagaimana informasi diurutkan dan ditampilkan dalam sebuah teks. Dalam citra visual, metafungsi ideasional sebagian besar diwujudkan melalui proses narasi reaksioner. Metafungsi interaktif diwujudkan melalui tatapan tawaran dan bidikan medium. Ukuran sedang mendominasi metafungsi komposisi. Interaksi elaborasi dan ekstensi ada antara aspek verbal dan visual. Melalui elaborasi analisis tata bahasa visual, beberapa visual digunakan untuk menambahkan informasi yang belum ada dalam elemen verbal sementara yang lain digunakan untuk membuat elemen verbal lebih eksplisit. Untuk dipahami oleh audiens, modalitas verbal dan visual menjelaskan makna satu sama lain dan menyajikan ide-ide terkait daripada konsep yang bertentangan satu sama lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrawan, Andi MuhammadUNSPECIFIED
CorrectorOktoviandry, RifkiUNSPECIFIED
CorrectorRosita, NurUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 04 Jul 2023 08:52
Last Modified: 04 Jul 2023 08:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44641

Actions (login required)

View Item View Item