Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pariaman

Feronika, Nia (2022) Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B_01_NIA_FERONIKA_18016169_7580_2022.pdf

Download (0B)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hal-hal berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pariaman. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siwa kelas X SMA Negeri 1 Pariaman. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi keterampilan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siwa kelas X SMA Negeri 1 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah hubungan korelasional dua variabel. Populasi penelitian ini adalah siswa X SMA Negeri 1 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 298 siswa yang tersebar di sembilan kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 59 orang. Sampel penelitian diambil sebesar 20% menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes, yaitu tes objektif keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan tes unjuk kerja keterampilan menulis teks eksposisi. Hasil penelitian ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 1 Pariaman berada pada kualifikasi baik (80.78). Kedua, hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pariaman berada pada kualifikasi baik (79.19). Ketiga, terdapat hubungan positif yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pariaman dengan derajat kebebasan n-1 (59-1=58) dan taraf signifikansi 95%. H0 ditolak dan H1 diterima karena thitung lebih besar daripada ttabel yaitu 6.27 > 1.68. Berdasarkan hasil koefisien determinasi dapat diketahui bahwa kontribusi keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pariaman sebesar 40,8 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi keterampilan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGani, ErizalUNSPECIFIED
CorrectorEmidar, EmidarUNSPECIFIED
CorrectorHafrison, Mohd.UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN, KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Jul 2023 00:57
Last Modified: 04 Jul 2023 00:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44612

Actions (login required)

View Item View Item