Pengembangan Model Pembelajaran MEA (Means Ends Analysis) Berorientasi STEM (Science Technology Engineering and Math) pada Mahasiswa Pendidikan Komputer

Suryani, Karmila (2022) Pengembangan Model Pembelajaran MEA (Means Ends Analysis) Berorientasi STEM (Science Technology Engineering and Math) pada Mahasiswa Pendidikan Komputer. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_KARMILA_SURYANI_18193005_291_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Keterampilan berpikir kritis dan kreativitas merupakan keterampilan yang harus dimiliki mahasiswa di era Revolusi Industri 4.0. Namun kenyataannya saat ini masih banyak mahasiswa kurang kreatif dan kurang mampu menganalisis sebuah permasalahan. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk menemukan solusi terhadap lemahnya kreativitas dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa yaitu dengan cara menghasilkan sebuah Model Pembelajaran MEA Berorientasi STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas mahasiswa yang valid, praktis dan efektif. Desain model yang digunakan pada metodologi adalah Plom dengan langkah-langkah: 1) Penelitian Pendahuluan (Preliminary Research), 2) Prototipe (Prototype Phase), dan 3) Penilaian (Assessment Phase). Penelitian dilakukan pada mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer dengan mata kuliah Sistem Operasi. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah: 1) Terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis mahasiswa, 2) Terdapat peningkatan nilai kreativitas mahasiswa, dan 3) Model Pembelajaran MEA Berorientasi STEM lebih baik dari pada model pembelajaran biasa. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa Model Pembelajaran MEA Berorientasi STEM dinyatakan sangat valid oleh validator, sangat praktis dan efektif dalam pembelajaran. Model pembelajaran MEA Berorientasi STEM ini terbukti dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dengan persentase peningkatan sebesar 34,70% dan meningkatkan kreativitas mahasiswa sebesar 28,15%, serta lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran biasa. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa ketiga hipotesis dapat diterima sehingga direkomendasikan agar Model Pembelajaran MEA Berorientasi STEM digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJama, JalinusUNSPECIFIED
CorrectorSukardi, SukardiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEA (MEANS ENDS ANALYSIS) BERORIENTASI STEM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATH)
Subjects: T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Jul 2023 00:56
Last Modified: 04 Jul 2023 00:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44609

Actions (login required)

View Item View Item