Suryani, Karmila
(2022)
Pengembangan Model Pembelajaran MEA (Means
Ends Analysis) Berorientasi STEM (Science Technology Engineering and
Math) pada Mahasiswa Pendidikan Komputer.
Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Keterampilan berpikir kritis dan kreativitas merupakan keterampilan yang
harus dimiliki mahasiswa di era Revolusi Industri 4.0. Namun kenyataannya saat
ini masih banyak mahasiswa kurang kreatif dan kurang mampu menganalisis
sebuah permasalahan. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk
menemukan solusi terhadap lemahnya kreativitas dan keterampilan berpikir kritis
mahasiswa yaitu dengan cara menghasilkan sebuah Model Pembelajaran MEA
Berorientasi STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan
kreativitas mahasiswa yang valid, praktis dan efektif. Desain model yang
digunakan pada metodologi adalah Plom dengan langkah-langkah: 1) Penelitian
Pendahuluan (Preliminary Research), 2) Prototipe (Prototype Phase), dan 3)
Penilaian (Assessment Phase). Penelitian dilakukan pada mahasiswa jurusan
Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer dengan mata kuliah Sistem
Operasi. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah: 1) Terdapat peningkatan
keterampilan berpikir kritis mahasiswa, 2) Terdapat peningkatan nilai kreativitas
mahasiswa, dan 3) Model Pembelajaran MEA Berorientasi STEM lebih baik dari
pada model pembelajaran biasa. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa
Model Pembelajaran MEA Berorientasi STEM dinyatakan sangat valid oleh
validator, sangat praktis dan efektif dalam pembelajaran. Model pembelajaran
MEA Berorientasi STEM ini terbukti dapat meningkatkan keterampilan berpikir
kritis mahasiswa dengan persentase peningkatan sebesar 34,70% dan
meningkatkan kreativitas mahasiswa sebesar 28,15%, serta lebih baik
dibandingkan dengan model pembelajaran biasa. Oleh karena itu dapat
disimpulkan bahwa ketiga hipotesis dapat diterima sehingga direkomendasikan
agar Model Pembelajaran MEA Berorientasi STEM digunakan dalam
pembelajaran
Actions (login required)
|
View Item |