Pengembangan Model Instruksional berbasis Produk pada Mata Kuliah Elektronika Daya Program Studi Teknik Elektro Industri

Hidayat, Hendra (2022) Pengembangan Model Instruksional berbasis Produk pada Mata Kuliah Elektronika Daya Program Studi Teknik Elektro Industri. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_HENDRA_HIDAYAT_1209896_3214_2022.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan analisis kebutuhan pada studi pendahuluan, ditemukan bahwa model instruksional pada Elektronika Daya di Jurusan Teknik Elektro Industri tidak efektif. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model instruksional berupa Model Instruksional berbasis Produk yang valid, praktis dan efektif. Kondisi program instruksional dianalisis untuk mengidentifikasi kelemahan dari pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RnD). Penelitian ini termasuk pada penelitian yang mengembangkan dan menghasilkan model instruksional berbasis produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Koefisien Konkordansi Kendall W untuk validitas konstruk, Uji Aiken’s V untuk validitas konten dan teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan efektifitas model instruksional berbasis produk. Untuk mengukur validitas produk dilakukan uji pakar dan Focus Group Discussion, sedangkan untuk kepraktisan dilakukan uji penerapan produk ke mahasiswa dalam bentuk anket kepraktisan produk Pada praktikalitas model juga dilihat peningkatan aktifitas mahasiswa dan untuk melihat efektifitas produk dilakukan uji coba eksperimen, dengan menggunakan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design, pada aspek kognitif. Sedangkan aspek afektif dan psikomotor menggunakan lembar observasi dalam bentuk rubrik penilaian. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu validitas sintaks dan Model Instruksional berbasis Produk dinyatakan valid pada aspek konstruk, aspek isi, aspek penyajian,dan satuan acara pembelajaran dan validitas jobsheet pembelajaran berbasis produk dinyatakan valid pada aspek isi, aspek penyajian dan aspek format serta validitas business plan pembelajaran berbasis produk dinyatakan valid pada aspek isi, aspek penyajian dan aspek format. Sedangkan untuk praktikalitas Model Instruksional berbasis Produk berdasarkan respon dosen dan mahasiswa dinyatakan sudah praktis dan efektivitas Model Instruksional berbasis Produk dinyatakan efektif dalam peningkatan hasil belajar mahasiswa aspek kognitif, aspek afektif dan psikomotor serta peningkatan aktifitas belajar, juga membantu menumbuhkan minat dan semangat kewirausahaan mahasiswa melalui pembuatan business plan. Model Instruksional berbasis Produk dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran di pendidikan kejuruan dan vokasional, yang diharapkan dapat memberikan peningkatan kompetensi dan semangat kewirausahaan mahasiswa

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJalinus, NizwardiUNSPECIFIED
CorrectorGanefri, GanefriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL INSTRUKSIONAL BERBASIS PRODUK
Subjects: T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Jul 2023 00:56
Last Modified: 04 Jul 2023 00:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44608

Actions (login required)

View Item View Item