Pengembangan Model Uji Kompetensi dan Sertifikasi Pemrograman Web pada Pendidikan Vokasi

Simanungkalit, Erwinsyah (2022) Pengembangan Model Uji Kompetensi dan Sertifikasi Pemrograman Web pada Pendidikan Vokasi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_ERWINSYAH_SIMANUNGKALIT_17193037_364_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan produk model uji kompetensi dan sertifikasi skema pemrograman web junior. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa/i dan dosen Jurusan Komputer dan Informatika Politeknik Negeri Medan, sedangkan ahli dalam FGD terdiri staf pengajar dari Universitas Negeri Padang, Praktisi Teknologi Informasi serta Asesor BNSP. Keluaran penelitian diharapkan berupa produk model uji kompetensi dan sertifikasi skema pemrograman web. Model uji ini diharapkan manjadi acuan sertifikasi kompetensi keahlian secara baik secara internal maupun eksternal. Model ini diharapkan dapat membantu pendidik dan asesor dalam mengidentifikasi dan memberikan penilaian yang objektif terhadap kemampuan pemrograman web pada uji tulis, uji observasi (prakek), dan uji lisan (wawancara). Pengembangan model uji kompetensi dan sertifikasi ini dilakukan dengan menggunakan model Researeh and Development (R&D) menggunakan model dengan tahapan sebagai berikut: 1) Tahap Pengumpulan Data, 2) Tahap Perencanaan dan Desain Produk , 3) Tahap Pengembangan, 4) Tahap Validasi dan Uji Coba. Pengumpulan data menggunakan data primer, alasannya karena didapatkan langsung dari subjek penelitian seperti para ahli (expert), asesor dan peserta. Subyek penelitian adalah peserta, pengajar dan asesor yang diambil dari Politeknik Negeri Medan, ketiga unsur tersebut dilibatkan dalam kegiatan pengembangan model uji, yakni kegiatan uji coba produk, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Pengujian akan dilakukan pada Jurusan Teknik dan Informatika, Program Studi Manajemen Informatika dan Computer Engineering, Politeknik Negeri Medan. Validasi instrumen melalui proses pertimbangan ahli (expert judgement) dan uji coba. Instrumen perangkat uji dianalisis validitas dan reliabilitasnya dengan menggunakan Aiken V. Analisis diarahkan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian menggunakan kriteria valid, praktis, dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang mendapat perlakuan model uji kompetensi dengan kelas kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan sama sekali. Hal ini sejalan dengan hasil yang diperoleh selama masa pelatihan

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJalinus, NizwardiUNSPECIFIED
CorrectorRidwan, RidwanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: UJI KOMPETENSI DAN SERTIFIKASI PEMROGRAMAN WEB
Subjects: T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Jul 2023 00:56
Last Modified: 04 Jul 2023 00:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44606

Actions (login required)

View Item View Item