Perbedaan Antara Bahasa Minangkabau di Nagari Kamang Mudik Kabupaten Agam dan di Nagari Tabek Patah Kabupaten Tanah Datar

Arif, Muhammad (2022) Perbedaan Antara Bahasa Minangkabau di Nagari Kamang Mudik Kabupaten Agam dan di Nagari Tabek Patah Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B_02_MUHAMMAD_ARIF_17017104_7219_2022.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan bahasa (fonetik) antara bahasa Minangkabau di Nagari Kamang Mudik Kabupaten Agam dan di Nagari Tabek Patah Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa membandingkan tuturan masyarakat di dua Nagari yang berbeda, yaitu di Nagari Kamang Mudik dan di Nagari Tabek Patah. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui metode simak, sadap, observasi dan wawancara. Selanjutnya, data yang telah dikumpulkan diidentifikasi, diklasifikasi, dan dianalisis berdasarkan teori yang telah ditentukan, kemudian disusun dalam sebuah laporan yang berupa skripsi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan perbedaan antara bahasa Minangkabau di Nagari Kamang Mudik Kabupaten Agam dan di Nagari Tabek Patah Kabupaten Tanah Datar berdasarkan kosakata Swadesh yaitu pertama perubahan fon/bunyi sebanyak 45 data, yaitu perubahan vokal a →o 24 data, a → θ 1 data, θ → a 1data. Perubahan konsonan t →n 1 data, y →h 1 data, r →gh 2 data, dan r →g 1 data, dan θ →y 1 data. Perubahan diftong ui →u 5 data. Perubahan konjungsi dek →θ 1 data, ba →θ 2 data, ji →θ 1 data. Kedua Perbedaan kosakata sebanyak 25 data. seperti kata anjiang dengan kata gacik (anjing). Perbedaan yang ditemukan berdasarkan kosakata budaya yaitu perubahan fon/bunyi sebanyak 20 data. Perubahan vokal [a] →[o] 7 data, [i] →θ 2 data, [i] →[a] 1 data. Perubahan konsonan [h] →[s] 1 data, [r] →[gh] 2 data, [y] →[h] 2 data, perubahan diftong [ai] → [e] 1 data, [ia]→[oa] 1 data. Perubahan konjungsi [pan] →θ 1 data, [si] → θ 2 data, dan perbedaan kosakata sebanyak 22 data. Seperti kata inyiak antan dengan atuak (kakek).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJuita, NoviaUNSPECIFIED
CorrectorErmanto, ErmantoUNSPECIFIED
CorrectorLiusti, Siti AinimUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BAHASA MINANGKABAU KAMANG MUDIK
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Jul 2023 01:00
Last Modified: 03 Jul 2023 01:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44570

Actions (login required)

View Item View Item