Analisis Pengaruh Parameter Pemesinan, Metode Penyayatan dan Material Pisau Frais terhadap Kekasaran Permukaan Aluminium 6061 pada Proses End Milling Surface Finish.

Aulia, Rilgy (2022) Analisis Pengaruh Parameter Pemesinan, Metode Penyayatan dan Material Pisau Frais terhadap Kekasaran Permukaan Aluminium 6061 pada Proses End Milling Surface Finish. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_RILGY_AULIA_18067053_5250_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada proses manufaktur terdapat masalah yang ditimbulkan oleh kekasaran permukaan, salah satunya menghasilkan notch yang lebih besar sehingga menjadi tempat konsentrasi tegangan, dan juga mudah terjadi korosi pada permukaan yang kasar sehingga mudah digenangi oleh fluida yang bersifat korosif. Faktor yang mempengaruhi kekasaran permukaan antara lain parameter pemesinan feed rate (kecepatan pemakanan), spindle speed (kecepatan spindel), depth of cut (kedalaman penyayatan), setelah itu faktor metode penyayatan up cut (conventional milling) dan down cut (climb milling), kemudian faktor material pisau (material cutter) yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap kekasaran permukaan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan pisau end mill dari material Hss dan Carbide dengan pemakanan up cut dan down cut pada penggunaan parameter pemesinan dengan variasi yaitu 3 level feed rate, 3 level spindle speed, 2 level depth of cut. Masing masing spesimen diuji kekasaran permukaannya (Ra), setelah itu dilakukan pengolahan data dengan Uji analysis of variance (Anova) untuk melihat pengaruh dari setiap faktor terhadap kekasaran permukaan aluminium 6061. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah semakin tinggi feed rate nilai kekasaran permukaan semakin besar, semakin tinggi spindle speed nilai kekasaran permukaan semakin kecil, dan depth of cut yang rendah tidak menghasilkan nilai kekasaran permukaan yang rendah karena ada faktor geometri pisau frais yang mempengaruhi, kemudian penggunaan pisau end mill dari material carbide dan metode penyayatan up cut (conventional milling) menghasilkan nilai kekasaran permukaan yang rendah. Dari keseluruhan data spesimen diketahui persen kontribusi dari setiap faktor terhadap kekasaran permukaan aluminium 6061 yaitu faktor feed Rate 36,74 %, faktor material cutter 19,31 %, faktor spindle speed 13,58 %, faktor depth of cut 5,21 %, metode penyayatan 0,76 % dan faktor error 24,40 %. Faktor error ialah faktor yang tidak dipertimbangkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYufrizal, YufrizalUNSPECIFIED
CorrectorSari, Delima YantiUNSPECIFIED
CorrectorRifelino, RifelinoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MANUFAKTUR, PARAMETER PEMESINAN, ALUMINIUM
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Jun 2023 07:08
Last Modified: 27 Jun 2023 07:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44563

Actions (login required)

View Item View Item