Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang

Hasibuan, Mayang Sari (2022) Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_MAYANG_SARI_HASIBUAN_20174022_5779_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran CIRC dan model pembelajaran konvensional terhadap pembelajaran teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Pembangunan Padang. 2. Mendeskripsikan pengaruh model CIRC dan model pembelajaran konvensional yang memiliki motivasi belajar tinggi pada pembelajaran teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Pembangunan Padang. 3. Mendeskripsikan pengaruh model CIRC dan model pembelajaran konvensional yang memiliki motivasi belajar rendah pada pembelajaran teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Pembangunan Padang. 4. Mendeskripsikan interaksi antara model pembelajaran CIRC dengan motivasi belajar dalam memengaruhi keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Pembangunan Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen semu dengan desain faktorial atau factorial design (2x2). Instrumen pengumpul data adalah angket motivasi belajar dan tes keterampilan membaca pemahaman. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampiling, yaitu siswa kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 orang dan kelas VIII.D sebagai kelas kontrol berjumlah 23 orang. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian sebagai berikut ini. Kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CIRC lebih baik dari pada kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini dilihat dari hasil th> tt maka Ho ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran CIRC terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa. Keterampilan membaca pemahaman siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang dibelajarkan dengan model CIRC lebih baik daripada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini dilihat dari hasil th> tt maka Ho ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran CIRC terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi. Keterampilan membaca pemahaman siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang dibelajarkan dengan model CIRC lebih baik daripada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini dilihat dari hasil th> tt maka Ho ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model iii pembelajaran CIRC terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Terdapat interaksi antara model pembelajaran CIRC dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi keterampilan mambaca pemahaman siswa. Hal ini dilihat dari hasil Fh > Ft maka hipotesis diterima. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC dan motivasi belajar mempengaruhi keterampilan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorSyahrul R, Syahrul RUNSPECIFIED
CorrectorAmir, AmrilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION, MOTIVASI BELAJAR, KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Jun 2023 07:08
Last Modified: 27 Jun 2023 07:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44560

Actions (login required)

View Item View Item