Rahmadhani, Dea
(2023)
Meningkatkan Kemampuan Artikulasi Konsonan
Alveolar (R, N) Anak Tunarungu melalui Metode Phonetic Placement.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini diangkat dari permasalahan anak yang mengalami kesulitan
dalam artikulasi. Hasil asesmen yang dilakukan menunjukkan bahwa anak mengalami
kesulitan dalam kemampuan artikulasi konsonan alveolar yakni pada huruf r dan n.
Penelitian ini penulis menerapkan metode phonetic placement untuk meningkatkan
kemampuan artikulasi anak.
Jenis penelitian ini adalah single subject research dengan menggunakan desain
A-B-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes yang terdiri atas 18
kata yang mengandung konsonan alveolar (r, n) di awal, di tengah, dan di akhir.
Analisis data yang digunakan adalah analisis visual grafik yang dibagi atas analisis
dalam kondisi dan analisis antar kondisi.
Hasil penelitian pada konsonan R menunjukkan mean level fase A1 17, mean
level fase B 73,4, mean level fase A2 92,5. Pada konsonan N mean level fase A1 11,
mean level fase B 60,22, mean level fase A2 0,25. Kemampuan konsonan r dan n
menunjukkan hasil analisis data yang sama-sama mengalami peningkatan dalam
kemampuan artikulasinya. Overlap data konsonan R pada fase A1/B adalah 0%, fase
A2/B adalah 33%. Overlap data pada konsonan N pada fase A1/B adalah 0%, fase
A2/B adalah 44%. Berdasarkan analisis tersebut, menunjukkan bahwa metode
phonetic placement mampu meningkatkan kemampuan artikulasi konsonan alveolar
(r, n) anak tunarungu di kelas V SLB Al-Munawaroh.
Actions (login required)
|
View Item |