Asyari, Dinda
(2023)
Meningkatkan Pengenalan Kosakata dengan Menggunakan
Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Anak
Disabilitas Rungu.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian diangkat dari permasalahan yang peneliti identifikasi pada anak
disabilitas rungu kelas III yang belum mampu memahami kosakata pada anggota
tubuh. Dimana pengenalan kosakata penting untuk mengetahui makna kata ketika
anak membaca. ketika anak mengetauhi makna kata maka akan bertambah pula
kosakata anak dalam berinteraksi. Pembelajaran kosakata yang dilakukan peneliti
menggunakan media interaktif yang dibuat dengan software articulate storyline
sesuai dengan kebutuhan anak. Peneliti menggunakan media ini untuk pengenalan
kosakata yaitu anggota tubuh.
Peneliti ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu ekperimen dengan
menggunakan Single Subject Research (SSR) desain A-B-A. Subject penelitian ialah
seorang anak Disabilitas Rungu kelas III yang belum mengenal kosakata. Penelitian
ini dilakukan di kelas di SLB Bina Bangsa. Teknik pengumpulan datanya berupa tes
dan data dianalisis dengan menggunakan analisis visual grafik. Dalam pemgumpulan
data berupa tes sebanyak 40 soal, yang diberikan setiap pertemuan.
Hasil penelitian yang dilakukan pada tiga kondisi A-B-A selama 16 kali
pertemuan di dapatkan data pada kondisi baseline pertama (A1) yaitu dilakukan
sebanyak 4 kali pertemuan dengan persentase 15%, 15%, 15%, 15%. Pada kondisi
intervensi (B) dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan, dengan data yang didapatkan
yaitu 30%, 30%, 40%, 55%, 75%, 85%, 85%, 85%. Sedangkan pada kondisi baseline
kedua (A2) dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan, dengan data yang didapatkan yaitu
85%, 85%, 100%, 100%. Berdasarkan analisis data yang didapatkan maka dengan
menggunakan media interaktif berbasis articulate storyline dapat meningkatkan
pengenalan kosakata pada anak disabilitas rungu.
Actions (login required)
|
View Item |