Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Android dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII SMP

Mursiagama, Fadhil (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Android dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_FADHIL_MURSIAGAMA_18004164_4378_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah kegiatan dalam rangka pengembangan potensi dan keterampilan secara optimal, sekaligus merupakan salah satu modal untuk mencapai kemajuan bangsa dan meningkatkan harkat dan martabat manusia. multimedia merupakan salah satu media yang mampu mendukung pembelajaran siswa baik di sekolah maupun individu di rumah. Media pembelajaran dapat dijadikan alternatif untuk mengurangi permasalahan dalam pembelajaran pada keterampilan menyimak siswa, sehingga dapat membuat pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas VII SMP agar menghasilkan media yang layak dan praktis digunakan oleh guru dan siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseacrh and Development). Penelitian dilakukan dengan 4 tahapan sesuai model 4D (Define, Design, Development, disseminate). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi dan angket respon siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dari instrumen penilaian multimedia pembelajaran yang telan di modifikasi sesuai kebutuhan pengembangan media dan angket respon siswa. Uji validitas produk dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri dari dua orang vaidator produk dn satu orang validator materi. Uji praktikalitas dilakukan kepada siswa/i kelas VII di SMP N 26 Padang. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa penilaian dari validator media dinyatakan “sangat valid” dengan nilai rata-rata yang diperoleh oleh validator media I yaitu 4,72 dan validator media II yaitu 4,48. Sedangkan hasil uji validasi materi oleh validator materi pada produk multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan dinyatakan “sangat valid” dengan nilai rata-rata yaitu 4,66. Penilaian dari peserta didik dinyatakan “Sangat Praktis” dengan skor rata-rata 4,44. Berdasarkan perhitungan tersebut, maka kesimpulan dari multimedia pembelajaran Bahasa Inggris yang dikembangkan “layak digunakan” dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBentri, AlwenUNSPECIFIED
CorrectorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorAnugrah, SeptriyanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:06
Last Modified: 27 Jun 2023 05:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44556

Actions (login required)

View Item View Item