Upaya Personil Sekolah dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di SMA N 1 Lubuk Sikaping

Lismana, Defa (2023) Upaya Personil Sekolah dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di SMA N 1 Lubuk Sikaping. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Defa_lismana_18006010_2203_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada salah satu permasalahan siswa di sekolah yaitu perilaku bullying. Bullying merupakan suatu keinginan untuk menguasai orang lain dan menyerang secara psikologis maupun fisik pada individu atau kelompok yang lebih lemah. Perilaku bullying dapat mengganggu kenyamanan siswa di sekolah dan dapat merusak sikap serta membunuh karakter siswa sehingga sulit berkembang. Perilaku bullying tidak boleh dibiarkan begitu saja, harus mendapatkan penanganan baik pelaku maupun korbannya. Untuk mengatasi perilaku bullying di sekolah perlu adanya upaya personil sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya personil sekolah dalam mengatasi perilaku bullying siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 5 orang personil sekolah yaitu kepala sekolah, wakil kesiswaan, wali kelas, guru PPKN dan guru BK. Pengambilan subjek penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrument pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara upaya personil sekolah dalam mengatasi perilaku bullying siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tematik dengan memverivikasi transkrip wawancara. Penelitian ini dibantu dengan alat perekam suara pada smartphone. Hasil penelitian ini menemukan bentuk perilaku bullying yang terjadi di SMA N 1 Lubuk Sikaping adalah bullying verbal, bullying fisik dan bullying sosial. Upaya yang dilakukan personil sekolah dalam mengatasi perilaku bullying siswa yaitu dengan menempel poster edukasi tentang bullying, memberikan edukasi tentang bullying ketika kegiatan sekolah, memasukan masalah bullying dalam program kegiatan wali kelas, teguran langsung, penanganan yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling yaitu pemberian layanan informasi melalui format bimbingan klasikal di kelas dan pemberian layanan konseling perorangan serta kerja sama sekolah dengan pihak luar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyukur, YarmisUNSPECIFIED
CorrectorKarneli, YeniUNSPECIFIED
CorrectorPutriani, LisaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:05
Last Modified: 27 Jun 2023 05:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44554

Actions (login required)

View Item View Item