Fadila, Dinda
(2023)
Gambaran Perilaku Bullying Siswa dari Keluarga yang
Menerapkan Pola Asuh Otoriter.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini didasarkan oleh adanya siswa yang melakukan tindakan
perilaku bullying di sekolah. Bullying adalah suatu tindakan kekerasan yang
dilakukan seseorang secara berulang-ulang kepada orang yang dianggap lebih
lemah dari dirinya. Bullying terdiri tiga bagian, yaitu bullying fisik, bullying
verbal dan bullying psikologi/mental. Faktor penyebab terjadinya perilaku
bullying pada siswa yaitu pola asuh orang tua, salah satunya pola asuh otoriter.
Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan perilaku bullying siswa yang
mendaptkan pola asuh otoriter dari orang tua.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan
pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 26 orang siswa.
Adapun teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik purposive
sampling, menggunakan instrumen berupa angket pola asuh otoriter dan
instrumen angket perilaku bullying dengan model skala likert.
Hasil penelitian ini menemukan gambaran tingkat perilaku bullying siswa
SMPN 1 Ulakan Tapakis berada pada kategori sedang dengan persentase 80,77%.
Hasil penelitian ini dilihat dari aspek bullying fisik berada pada kategori sedang
46,15%, aspek bullying verbal berda pada kategori rendah 38,46% dan aspek
bullying psikologis/mental berda pada kategori tinggi 53,85%. Jadi hasil ini
menunjukkan bahwa siswa SMPN 1 Ulakan Tapakis yang melakukan perilaku
bullying yang ditinjau dari gambaran pola asuh otoriter orang tua yaitu sedang.
Actions (login required)
|
View Item |