AnalisisEmisi Gas Buang (CO, CO2 dan HC) pada Sepeda Motor FI dengan Variasi Saat Pengapian, Saat Penginjeksian dan Jenis Bahan Bakar.

Firmansyah, M. Saly (2022) AnalisisEmisi Gas Buang (CO, CO2 dan HC) pada Sepeda Motor FI dengan Variasi Saat Pengapian, Saat Penginjeksian dan Jenis Bahan Bakar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_9_M.SADLY_FIRMANSYAH_17073025_6180_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perubahan nilai dari kadar emisi gas buang, nilai daya dan nilai torsi yang dihasilkan pada sepeda motor FI dengan penggunaan ECU Programmable (4 variasi perlakuan saat pengapian dan saat penginjeksian) menggunakan 3 jenis bahan bakar di setiap perlakuan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa signifikan perubahan penggunaan ECU Program mabledi setiap perlakuan terhadap emisi gas buang yang dihasilkan oleh objek penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Objek penelitian ini adalah sepeda motor FI. Hasil uji emisi gas buang terendah yang dihasilkan sepeda motor FI dengan penggunaan ECU Program mable diperoleh pada perlakuan saat pengapian (ignitiontiming) 7°BTDC dan saat penginjeksian (injectortiming) 350°ATDC menggunakan bahan bakar Gasohol E30 dengan nilai kadar CO sebesar 0,02% kadar CO2 sebesar 8,80% kadar HC sebesar 480,3 ppm dimana hasil yang diperoleh menunjukan perubahan yang signifikan. Perbandingan campuran bahan bakar terbaik yang dihasilkan sepeda motor FI dengan penggunaan ECU Program mable diperoleh pada perlakuan saat pengapian (ignitiontiming) 3°BTDC dan saat penginjeksian (injectortiming) 355°ATDC menggunakan bahan bakar Gasohol E30, dengan nilai Air Fuel Ratio 14,4 dan lambda senilai 1,008 dimana hasil yang diperoleh menunjukan perubahan yang signifikan. Hasil uji daya dan torsi tertinggi yang dihasilkan sepeda motor FI dengan penggunaan ECU Programmable diperoleh pada perlakuan saat pengapian (ignition timing) 3°BTDC dan saat penginjeksian (injector timing) 350°ATDC menggunakan bahan bakar Gasohol E10, dengan nilai daya sebesar 8,83HP dan nilai tosi dengan intervensi CVT sebesar 29,55 N.m, dimana hasil yang diperoleh menunjukan perubahan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPurwanto, WawanUNSPECIFIED
CorrectorMaksum, HasanUNSPECIFIED
CorrectorArif, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: EMISI GAS, DAYA, SEPEDA MOTOR
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jun 2023 06:55
Last Modified: 26 Jun 2023 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44532

Actions (login required)

View Item View Item