Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Disiplin Belajar Daring Siswa di Masa Pandemi Covid-19 dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling

Nasyira, Athaya Fitri (2023) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Disiplin Belajar Daring Siswa di Masa Pandemi Covid-19 dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_ATHAYA_FITRI_NASYIRA_17006124_1078_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena selama belajar daring diantaranya adalah banyaknya siswa yang tidak mengikuti pembelajaran daring, terlambat mengumpulkan tugas, tidak mengerjakan tugas dari berbagai mata pelajaran sehingga dibiarkan menumpuk, siswa yang terlambat hadir di kelas zoom meeting karena belum bangun tidur dan juga siswa yang meninggalkan proses pembelajaran dengan alasan gangguan jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya disiplin belajar daring siswa di masa pandemi Covid-19 dan implikasinya dalam layanan BK. Jenis penelitian ini adalah deskriptif menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 316 orang siswa SMAN 16 Padang yang terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2021/2022, dengan jumlah sampel 196 orang siswa. Pemilihan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert. Data analisis dengan menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya disiplin belajar daring siswa di masa pandemi Covid-19 berada pada tingkat sedang. Berdasarkan indikator (1) kesadaran diri berada pada tingkat sedang dengan persentase 56,6%, (2) pengikutan dan ketaatan berada pada tingkat sedang dengan persentase 47,45%, (3) alat pendidikan berada pada tingkat tinggi dengan persentase 41,84%, (4) hukuman berada pada tingkat sedang dengan persentase 54,59%, (5) teladan berada pada tingkat sedang dengan persentase 55,61% (6) lingkungan berdisiplin berada pada tingkat sedang dengan persentase 50,51% (7) latihan berdisiplin berada pada tingkat rendah dengan persentase 42,86%. Implikasinya dengan layanan BK, guru BK dapat memberikan layanan bimbingan kelompok dan layanan penguasaan konten tentang meningkatkan kesadaran diri siswa dalam disiplin belajar daring dan manajemen waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorKarneli, YeniUNSPECIFIED
CorrectorNetrawati, NetrawatiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:20
Last Modified: 26 Jun 2023 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44525

Actions (login required)

View Item View Item