Nasyira, Athaya Fitri
(2023)
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya
Disiplin Belajar Daring Siswa di Masa Pandemi Covid-19 dan Implikasinya
dalam Layanan Bimbingan dan Konseling.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena selama belajar daring
diantaranya adalah banyaknya siswa yang tidak mengikuti pembelajaran daring,
terlambat mengumpulkan tugas, tidak mengerjakan tugas dari berbagai mata
pelajaran sehingga dibiarkan menumpuk, siswa yang terlambat hadir di kelas
zoom meeting karena belum bangun tidur dan juga siswa yang meninggalkan
proses pembelajaran dengan alasan gangguan jaringan. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya disiplin
belajar daring siswa di masa pandemi Covid-19 dan implikasinya dalam layanan
BK.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif menggunakan metode kuantitatif.
Populasi penelitian ini berjumlah 316 orang siswa SMAN 16 Padang yang
terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2021/2022, dengan jumlah sampel
196 orang siswa. Pemilihan sampel menggunakan teknik proportional random
sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala
likert. Data analisis dengan menggunakan teknik deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi
rendahnya disiplin belajar daring siswa di masa pandemi Covid-19 berada pada
tingkat sedang. Berdasarkan indikator (1) kesadaran diri berada pada tingkat
sedang dengan persentase 56,6%, (2) pengikutan dan ketaatan berada pada
tingkat sedang dengan persentase 47,45%, (3) alat pendidikan berada pada
tingkat tinggi dengan persentase 41,84%, (4) hukuman berada pada tingkat
sedang dengan persentase 54,59%, (5) teladan berada pada tingkat sedang
dengan persentase 55,61% (6) lingkungan berdisiplin berada pada tingkat sedang
dengan persentase 50,51% (7) latihan berdisiplin berada pada tingkat rendah
dengan persentase 42,86%. Implikasinya dengan layanan BK, guru BK dapat
memberikan layanan bimbingan kelompok dan layanan penguasaan konten
tentang meningkatkan kesadaran diri siswa dalam disiplin belajar daring dan
manajemen waktu.
Actions (login required)
|
View Item |