Tindak Tutur Ilokusi dan Makna Kontekstual dalam Novel Janji Karya Tere Liye dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Novel

Fadhilah, Ajruni (2023) Tindak Tutur Ilokusi dan Makna Kontekstual dalam Novel Janji Karya Tere Liye dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Novel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_AJRUNI_FADHILAH_19016003_3246_2023.pdf

Download (733kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur ilokusidalam novel Janji karya Tere Liye, mendeskripsikan makna kontekstual dalam novel Janji karya Tere Liye, dan mendeskripsikan implikasinya terhadap pembelajaran teks novel. Jenis dan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dialog-dialog yang berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat yang mengindikasi tindak tutur ilokusi yang digunakan tokoh dalam novel Janji karya Tere Liye. Sumber data penelitian ini adalah novel Janji karya Tere Liye yang diterbitkan oleh PT. Sabak Grip di Depok pada tahun 2021 dan mengeluarkan cetakan keempat pada tahun 2022 yang terdiri dari 488 halaman. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan teknik uraian rinci. Hasil penelitian ini menunjukkan dua hal. Pertama, ditemukan 220 data tindak tutur ilokusi dalam novel Janji karya Tere Liye, yaitu terdiri atas 53 tindak tutur asertif, 61 tindak tutur direktif, 50 tindak tutur ekspresif, 16 tindak tutur komisif, dan 40 tindak tutur deklaratif. Tindak tutur ilokusi yang paling dominan adalah tindak tutur direktif. Kedua, ditemukan 21 jenis makna kontekstual (pragmatik) yang terdapat dalam novel Janji karya Tere Liye yang terdiri atas 1 makna memberi selamat, 22 makna memberitahu, 10 makna meminta maaf, 13 makna memuji, 8 makna ungkapan rasa senang, 9 makna mengizinkan, 8 makna berterima kasih, 24 makna perintah, 7 makna ungkapan putus asa, 23 makna permohonan, 18 makna menyalahkan, 4 makna ungkapan kecewa, 15 makna permintaan, 15 makna menyarankan, 6 makna nasihat, 14 makna mengeluh, 7 makna ungkapan setuju, 8 makna ungkapan basa-basi, 3 makna ugkapan kekesalan, 1 makna berserah diri kepada Allah, dan 4 makna berjanji. Makna yang paling dominan dari dua puluh satu bentuk makna tersebut adalah makna perintah sebanyak 24.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTamsin, Andria CatriUNSPECIFIED
CorrectorAmir, AmrilUNSPECIFIED
CorrectorNoveria, EnaUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:51
Last Modified: 26 Jun 2023 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44523

Actions (login required)

View Item View Item