Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan Dinamika Pelaksanaannya di SMA Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan

Jayandri, Jayandri (2022) Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan Dinamika Pelaksanaannya di SMA Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B_08_JAYANDRI_18234086_6559_2022.pdf

Download (0B)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan pelaksanaan program GLS, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat program GLS, (3) mendeskripsikan kontribusi perpustakaan sekolah dalam pelaksanaan GLS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Informan pada penelitian ini terdapat 5 informan yang terdiri dari Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, Guru, dan 2 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) SMA Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan sudah melaksanakan GLS sejak tahun 2019 yaitu kegiatan 15 menit membaca, area baca, taman baca, dan pengunjung perpustakaan paling rajin. (2) Faktor pendukung pelaksanaan GLS adalah peran aktif seluruh warga sekolah, dana sekolah, kerjasama dengan donatur dan dukungan dari orangtua siswa. Dan faktor penghambat pelaksanaan GLS adalah pengaruh teknologi seperti pengaruh negatif gadget, siswa lebih senang bermain gadget daripada pergi ke perpustakaan. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi masalah tersebut adalah kerjasama semua elemen sekolah untuk mendorong siswa agar siswa semangat dan aktif dalam kegiatan literasi. (3) Kontribusi perpustakaan sekolah SMA Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan tidak ada karena perpustakaan sekolah melakukan kebiasaan atau kegiatannya sehari-hari seperti layanan perpustakaan, apresiasi kepada pemustaka dan program perpustakaan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurizzati, NurizzatiUNSPECIFIED
CorrectorArdoni, ArdoniUNSPECIFIED
CorrectorZulfadhli, ZulfadhliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: GERAKAN LITERASI SEKOLAH
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:35
Last Modified: 26 Jun 2023 01:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44517

Actions (login required)

View Item View Item